Return to site

Tips Untuk Sukses & Lebih Menyukai Belajar

· e-Learning Indonesia

Seiring berjalannya waktu, kita mulai memperhatikan bahwa dengan semakin hari rasa ingin tahu yang pernah kita miliki semakin berkurang, dan proses belajar berubah dari kegiatan yang menyenangkan menjadi pekerjaan yang membosankan. Bagaimana tidak, rutinitas yang sama yang harus dilakukan setiap hari ini dapat memberi efek yang membuat diri kita enggan untuk melakukannya. Akan tetapi, belajar adalah sesuatu yang sangat penting baik saat kita menyukainya maupun saat tidak merasa senang untuk belajar. Jadi adakah cara agar kita bisa mendapatkan kembali kegembiraan itu dan jatuh cinta dengan belajar lagi? Tentu ada, berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan agar Anda dapat lebih baik dalam belajar.

1. Bergabung dengan kelompok atau organisasi pelajar yang memiliki motivasi belajar yang baik

Bukan rahasia lagi seberapa besar opini orang lain mempengaruhi kita. Komentar sinis dan komentar sarkastik dari teman dan kolega tidak akan banyak membantu ketika Anda sudah ragu-ragu apakah mengikuti pembelajaran yang seharusnya Anda jalankan di sekolah maupun saat mengikuti e-Class. Di sinilah kelompok atau organisasi pelajar akan membantu Anda untuk tetap termotivasi untuk belajar.

2. Temukan penyebab Anda malas dalam belajar

Cobalah untuk mengidentifikasi apa sebenarnya yang membuat Anda tidak tertarik untuk belajar. Mungkin Anda tidak suka mengerjakan pekerjaan rumah atau mungkin ada satu bagian pembelajaran yang menurut Anda sangat membosankan. Inilah yang membuat Anda menjadi tidak menyukai belajar dan lawanlah hal tersebut dengan metode yang berlawanan. Artinya, cobalah untuk menemukan satu hal yang Anda sukai, yang akan membuat Anda tetap terinspirasi dan memberi Anda cukup motivasi untuk melanjutkan studi Anda.

3. Tetap berada pada metode yang efektif dan efisien

Setiap proses pendidikan harus memasukkan komponen efektif dan efisien, tidak ada yang lebih menginspirasi daripada melihat hasil langsung. Pelajari keterampilan baru dan gabungkan langsung ke dalam hidup Anda ini adalah salah satu prinsip utama metodologi pendidikan. Itulah mengapa sangat penting untuk memanjakan diri Anda sendiri setiap kali Anda mencapai sesuatu, karena itulah yang mendorong untuk mempelajari lebih banyak hal dengan cara yang efisien.

Ilustrasi (c) Unsplash.com