Return to site

Tips untuk Pembelajaran Online yang Efektif

· Tips Belajar

Dengan adanya kemajuan dalam teknologi modern, pendidikan online menjadi lebih mudah diakses daripada sebelumnya, memungkinkan peserta didik sedikit sulit untuk menerima pengalaman dan hasil berkualitas tinggi yang sama yang ditawarkan oleh pendidikan tradisional melalui pengalaman virtual. Namun, semua ini akan berubah dengan sendirinya seiring dengan kebiasaan mereka dalam mengikuti pendidikan. Dalam satu tahun terakhir, dunia telah menyaksikan peningkatan jumlah sekolah dan universitas di seluruh dunia yang beralih ke pembelajaran online, karena banyak kampus mengirim pelajar pulang untuk membantu memperlambat penyebaran COVID-19. Tetapi transisi ke instruksi pendidikan secara online. Untuk membantu memudahkan transisi ini, kami telah menguraikan beberapa tips untuk memaksimalkan pengalaman belajar online Anda.

1. Tetapkan Jadwal dan Jaga Rutinitas

Untuk mengelola waktu Anda secara efektif, Anda harus membuat jadwal dan merinci tugas-tugas yang perlu Anda selesaikan dan menaatinya. Persiapkan sesi kelas online Anda dengan cara yang sama seperti saat Anda mempersiapkan diri untuk hadir secara fisik. Di luar kelas, penting untuk menyisihkan waktu khusus untuk studi Anda. Selama Anda belajar atau mengerjakan proyek, gunakan mentalitas yang sama untuk mencoba menghilangkan gangguan seperti email, browsing web, media sosial dan TV sehingga Anda benar-benar dapat fokus.

2. Jangan Lupa Beristirahat

Ingatlah untuk mengambil istirahat secara teratur saat Anda belajar untuk menjaga fokus dan menghindari ketegangan. Menghabiskan waktu jauh dari komputer dapat menghidupkan kembali studi Anda, membantu Anda mempertahankan informasi yang Anda pelajari. Pertimbangkan untuk berjalan-jalan di luar, membaca beberapa bab dari sebuah buku, melakukan serangkaian latihan singkat, atau menikmati kopi.

3. Minta Bantuan

Jika Anda membutuhkan bantuan selama atau di luar kelas, tanyakan saja! Manfaat dari lingkungan kelas virtual adalah Anda masih memiliki akses ke tim instruksional Anda yang berdedikasi untuk kesuksesan Anda. Mereka ada untuk membantu dan mendorong Anda dalam perjalanan pendidikan Anda selama waktu kelas berlangsung atau pun setelahnya.

4. Ciptakan Lingkungan Belajar yang Benar

Salah satu cara terbaik untuk belajar di rumah secara efisien adalah memiliki ruang produktif yang menghilangkan gangguan. Jika area belajar Anda adalah ruang keluarga di depan TV, Anda mungkin merasa sulit untuk focus. Cobalah untuk membuat ruang di rumah Anda yang digunakan secara eksklusif untuk mengikuti kelas virtual dan mengerjakan proyek atau tugas kelas.

5. Tetap Bertanggung Jawab

Kelas virtual dapat memberi Anda manfaat akuntabilitas yang sama seperti lingkungan tatap muka, dengan staf pengajar yang dapat memastikan bahwa Anda terlibat dengan materi dan menyimpan informasi. Sesi kelas langsung mendorong kehadiran secara teratur, mengikuti pelajaran sebagaimana kelas tradisional.

Ilustrasi (c) Unsplash.com