Return to site

Perlindungan Data Pelajar & Pengajar Pada Sistem LMS

· e-Learning Indonesia

Pada kesempatan kali ini, kami ingin mengingatkan Anda tentang pentingnya melindungi data siswa. Mengapa data dan informasi siswa ini sangat penting? Satu hal yang pasti adalah data pelajar bukanlah produk dan tidak juga untuk dikomersialisasikan untuk kepentingan apa pun. Ini bukanlah sesuatu yang dilihat sebagai komoditas untuk dibeli, dijual, atau digunakan untuk iklan. Data siswa sangat berharga dan tujuannya adalah untuk pendidikan.

Di Brightspace Indonesia, kami sadar bahwa data siswa adalah untuk pembelajaran dan juga untuk kepentingan sekolah bukan untuk kepentingan personal pengajar. Kami menempatkan nilai kami pada pendidikan siswa dan pembelajaran yang dapat mereka akses melalui platform kami. Akses yang aman dan juga perlindungan terhadap data siswa adalah yang kami utamakan. Kami mengetahui bahwa dengan adanya kasus data breach yang sering terjadi di ranah digital ini, membuat kami harus bertindak cepat dalam melindungi data pelajar dan pengajar yang tersimpan pada sistem.

Mengapa data pelajar harus disimpan pada sistem dengan baik?

Pada kasus penjualan data yang sering terjadi di komunitas anonim pasar gelap (digital) mereka menjadikan data korban sebagai bahan untuk dijual secara ilegal. Dari jual beli data inilah kemudian terjadi hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Mengapa demikian? Jual beli data hasil peretasan melingkupi banyak hal seperti, nama, alamat, nomor HP atau bahkan nomor rekening dan sebagainya.

Sedangkan untuk sistem pada platform kami, ini bukan hanya data pelajar dan pengajar saja yang ada didalamnya, tetapi ini meliputi data-data penting lainnya yang harus benar-benar diamankan. Maka dari itu, kami dari Brightspace Indonesia bekerja keras untuk selalu meningkatkan keamanan data pada sistem. Bekerja sama dengan Brightspace global yang dikembangkan oleh D2L, kami memiliki sistem dengan kemanan yang baik pada sistem LMS kami. Tak cukup hanya dengan keamanan yang sudah ada saat ini, tim D2L dan Brightspace Indonesia selalu memperbarui sistem untuk semakin meningkatkan keamanan. Karena, data pelanggan melingkupi banyak informasi kredensial yang penting yang harus dilindungi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com