Return to site

Penggunaan LMS Dalam Percepatan Perkembangan Pembelajaran

 

· Online Learning

Dalam proses pendidikan, di masa lalu pengajar akan mengalami kesulitan untuk menemukan tolok ukur keberhasilan pendidikan yang diikuti oleh pelajar. Namun, di era teknologi seperti saat ini, pendidikan menjadi lebih mudah untuk dipantau dengan memanfaatkan Education Technology. Ada beberapa hal yang dapat Anda maksimalkan dalam pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi pendidikan melalui implementasi LMS untuk pendidikan di lembaga Anda.

1. Gamifikasi

Lencana dan papan peringkat membuat pelajar Anda tetap fokus. Game dan pelatihan juga meningkatkan perilaku kinerja dan mendorong persaingan yang bersahabat untuk pelajar. Ini juga memotivasi pelajar untuk memanfaatkan peluang pembelajaran baru berdasarkan kemajuan pelajar. Misalnya, salah satu teman sekelas baru saja mendapatkan lencana "Seni" yang didambakan, ini akan mendorong mereka untuk memberikan segalanya agar juga bisa mendapatkan lencana yang sama.

2. Sertifikasi

Anda harus selalu siap untuk melakukan audit untuk pelajar guna memberikan penghargaan atau sertifikasi. Sertifikasi membantu Anda membuktikan bahwa pelajar telah memenuhi pembelajaran dengan baik. Anda juga dapat menggunakannya untuk memantau pengembangan keterampilan dan menawarkan dukungan yang ditargetkan.

3. Dasbor Keterampilan

Dasbor keterampilan menawarkan kepada para pengajar ringkasan tentang status pelajar mereka terkait pengembangan keterampilan. Mereka juga dapat mengevaluasi dan memperkirakan kesenjangan masa depan dan lintasan pengembangan keterampilan berdasarkan statistik kemajuan dan kinerja. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah dasbor yang dipersonalisasi di mana pelajar dapat melihat kinerja mereka sendiri.

4. Umpan Balik

Umpan balik dapat berupa saran atau ulasan. Misalnya, pelajar mencatat teknik atau pendekatan inovatif mereka dan teman sekelas menilai kinerja mereka. Mungkin mereka perlu melatih keterampilan presentasi atau manajemen waktu karena ini juga membutuhkan keterampilan dan kepercayaan diri dari pelajar.

5. Rencana Pembelajaran Otomatis

Platform LMS memberi Anda kemampuan untuk menetapkan aktivitas pembelajaran secara otomatis dan menetapkan jalur pembelajaran bercabang berdasarkan hasil aktivitas pelatihan online sebelumnya. Dengan demikian, pelajar tidak hanya dapat memantau pembelajaran dan kemajuan pribadi mereka, namun mereka dapat dengan fokus untuk mengikuti pembelajaran sebagai mana yang diharapkan oleh pengajar.