Return to site

LMS Menjadi Pusat Pemantauan & Penyampaian Pembelajaran Online

· Sistem LMS Indonesia

Adopsi eLearning dan pembelajaran online tidak pernah setinggi ini; sebenarnya, pasar eLearning global diperkirakan akan melonjak hingga USD 374,3 miliar pada tahun 2026. Tentu saja, LMS tetap menjadi pusat penyampaian dan pemantauan eLearning, tetapi LMS sebenarnya dapat melakukan lebih banyak lagi! Sangat mudah untuk terganggu oleh metrik seperti tingkat pemanfaatan, penyelesaian pembelajaran, dan biaya operasi, tanpa memperhatikan data yang lebih bermakna seperti dampak dan keterlibatan. Jika organisasi Anda menggunakan eLearning dan pembelajaran online dan bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan keterlibatan pelajar, baca terus untuk mempelajari tren LMS teratas untuk tahun 2021.

 

1. Konektivitas Dengan Sistem Lain

Mungkin tren terbesar saat ini dalam L&D adalah bahwa pemahaman lebih dari sekadar "pembelajaran". Organisasi mengambil pandangan yang lebih holistik tentang pembelajaran untuk memasukkan pengembangan kinerja, perjalanan keterampilan, pembelajaran sosial, dan banyak lagi. Pandangan yang lebih luas ini menuntut teknologi saat ini yang dapat melakukan lebih dari sekadar menampung pembelajaran online dan melakukan pelaporan dasar tentang penyelesaian dan tingkat kelulusan.

 

2. Personalisasi

Jika Anda telah mengerjakan pekerjaan rumah dan melakukan analisis kebutuhan sebelum membuat konten apa pun untuk pelajar, Anda mungkin membuat pengamatan bahwa pelajar bukanlah kelompok yang homogen, melainkan kelompok individu yang beragam dengan kebutuhan dan preferensi yang unik. Hormati individualitas mereka dengan memberi mereka kesempatan untuk memiliki pengalaman pribadi yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Atur konten multimedia di LMS Anda ke dalam daftar putar, seperti semua konten yang berkaitan dengan topik tertentu atau peran tertentu. Bagikan informasi dengan pelajar melalui dasbor yang menyajikan konten yang direkomendasikan yang menarik minat mereka dan riwayat penyelesaian mereka. Menyesuaikan tampilan dan sistem untuk menarik setiap individu adalah metode yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan pelajar.

 

3. Kurasi Konten

Kurasi konten dalam solusi pembelajaran adalah tindakan memasukkan konten eksternal ke dalam program Anda, seperti pembicaraan TED, pembelajaran Coursera, artikel industri, podcast, dan banyak lagi. Dengan mengkurasi konten, Anda memperluas akses pelajar ke informasi di luar apa yang terkandung dalam pendidikan. Menggunakan konten yang dikurasi juga menghemat waktu dan sumber daya pengembangan yang berharga (tidak perlu membangun dari awal!). Kurasi konten berpasangan dengan baik dengan dasbor pembelajaran. Pertimbangkan untuk membuat daftar yang menyertakan konten internal dan eksternal pada tema atau topik tertentu untuk menyajikan perspektif yang beragam kepada peserta didik Anda sepanjang perjalanan belajar mereka.

 

4. Pembelajaran Sosial

Salah satu tren LMS terpanas dalam eLearning perusahaan adalah integrasi kegiatan sosial. Pembelajaran formal hanyalah awal dari proses pembelajaran, bukan akhir ketika Anda menggabungkan kegiatan sosial seperti forum obrolan, kegiatan refleksi, pengalaman belajar kolaboratif, dan platform di mana para alumni pelajar dapat berbagi keahlian mereka dan memanfaatkan kecenderungan alami mereka untuk terhubung satu sama lain. Penggunaan pembelajaran sosial dapat menjadi sangat kuat di lingkungan terpencil dengan membantu pelajar membentuk ikatan yang bermakna satu sama lain bahkan saat dipisahkan oleh jarak fisik. Raih keterlibatan pelajar LMS dengan menyediakan platform yang dibangun dengan mempertimbangkan kebutuhan sosial mereka.