Revenir au site

Mulailah Untuk Beralih Menggunakan Alat Pembelajaran Modern

· Teknologi Pendidikan,e-Learning Indonesia

Metode pembelajaran yang dulu diterapkan kepada siswa memang masih bisa diterapkan di masa kini. Tetapi, jika kita berbicara tentang efisiensi dan efektivitas dalam pembelajaran, maka Anda perlu mengubahnya. Di era digital seperti saat ini, Anda harus mulai sadar bahwa Anda juga harus menerima kehadiran alat pembelajaran modern yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran serta kualitas pembelajaran yang diterima oleh pelajar. Jika Anda hanya mengandalkan metode jadul dalam proses pembelajaran saat ini, maka apa yang terjadi pada masa Lockdown COVID-19 akan kembali terulang. Anda kesulitan beradaptasi karena terburu-buru, kurang persiapan dan membuat pembelajaran semakin tidak jelas arahnya. Karena, baik pengajar dan pelajar sama-sama tidak siap dengan kondisi saat ini.

Social Collaboration Tools Untuk Pembelajaran

Dengan kehadiran video dan mobile learning, hal ini memungkinkan pelajar untuk mencari sendiri apa yang mereka butuhkan, ketika mereka membutuhkannya. Metode ini merupakan inti dari memodernisasi program pembelajaran, dan jika Anda belum mulai bereksperimen dengan metode ini maka Anda harus melakukannya. kolaborasi dan keterbukaan sangat dihargai, melihat peningkatan pesat dalam komunitas sosial dan diskusi. Perlu melakukan pendekatan yang lebih bertahap, memilih kelompok tertentu dan membangun komunitas belajar online untuk memenuhi kebutuhan mereka. Rangkuman topik singkat ini akan memberikan beberapa ide untuk memulai. Dalam persiapan untuk melakukan pembelajaran modern, maka Anda membutuhkan metode berikut:

  1. Video Learning

Video learning di sini dapat didefinisikan sebagai video pendek (idealnya kurang dari 15 menit menit) yang mencakup praktik terbaik atau materi tertentu untuk memberikan penjelasan yang lebih mudah bagi pelajar dan juga kemudahan bagi mereka untuk mengulang kembali materi tersebut di lain kesempatan.

  1. Mobile Learning

Mobile learning sangat penting tidak hanya untuk mereka yang tidak dapat datang ke kelas karena berbagai alasan, tetapi metode ini juga dapat memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi seluruh pelajar. Jika Anda menganggap YouTube dan Facebook sangat populer di ponsel dan tablet, tidak mengherankan jika video dan pembelajaran sosial juga berfungsi dengan baik di sana.

Learning Management System (LMS)

Sistem LMS merupakan sistem yang dikembangkan untuk memaksimalkan pembelajaran secara modern mulai dari live school, video learning, mobile learning, blended learning atau bahkan untuk membantu meningkatkan efisiensi traditional learning. Sistem LMS mencakup berbagai hal yang dapat diaplikasikan oleh para pengajar untuk memaksimalkan pembelajaran secara online. Meskipun demikian, bukan berarti LMS tidak dapat digunakan untuk pembelajaran secara offline, dengan sistem LMS ini Anda akan lebih mudah dalam mengelola pembelajaran keduanya yang dikenal dengan blended learning.

Ilustrasi (c) Unsplash.com