Return to site

Mengapa Harus Menggunakan Sistem LMS Berbasis Cloud

Keuntungan dalam menggunakan LMS berbasis cloud computing

· Sistem LMS Indonesia

Penerapan sistem LMS (Learning Management System) tidak lagi mengharuskan Anda untuk menggunakan metode tradisional dengan media penyimpanan dan akses pada server hosting single. Tetapi, Anda perlu membuat sistem LMS yang dapat disimpan dan diakses dari berbagai macam server untuk kemudahan dalam setiap proses transfer data. LMS berbasis cloud adalah sistem yang di simpan pada beberapa server, yang mana semua server ini terkoneksi satu sama lain, sehingga ketika ada satu masalah pada satu server, sistem tetap masih bisa diakses kerena memiliki cadangan data yang dapat diakses oleh pengguna. Apakah manfaatnya hanya itu yang bisa dirasakan? Pada kesempatan kali ini, kami akan memberitahukan sedikit alasan kepada Anda, mengapa harus menggunakan sistem LMS dengan sistem cloud.

1. Lebih hemat biaya

Dalam penggunaan sistem LMS berbasis cloud, Anda dapat meminimalisir pengeluaran untuk menyimpan data. Karena, dengan menggunakan sistem LMS berbasis cloud, Anda hanya perlu membayar sesuai kebutuhan. Mengurangi dan menambah media penyimpanan maupun bandwidth penggunaan data juga bisa Anda pilih sesuai dengan paket yang Anda pilih.

2. Fungsi cadangan data

Sistem LMS yang tersimpan pada cloud memiliki kelebihan untuk melakukan cadangan data secara rutin. Anda dapat menyimpan semua data pada sistem LMS, kemudian, fitur Disaster Recovery pada sistem cloud akan melakukan penyimpanan data. Data ini pun dapat dicadangkan secara otomatis tergantung bagaimana cara Anda dalam memilih pengaturan yang tepat.

3. Berpotensi aman dari bencana

Insiden kehilangan data, insiden bencana alam dan lain sebagainya merupakan musuh utama dalam penyimpanan data. Dengan membangun dan mengembangkan sistem LMS yang di simpan pada server yang Anda miliki tidak aman dari bencana alam dan lain sebagainya yang membuat sistem menjadi terputus. Dengan menggunakan LMS berbasis cloud, Anda tidak perlu khawatir kehilangan semua data dari kejadian bencana alam maupun kesalahan yang dilakukan oleh manusia. Anda juga tidak perlu lagi mencari antivirus, karena para penyedia yang  akan mengambil langkah tersebut untuk mengamankan sistem.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan LMS versi cloud. Jika ada hal lain yang ingin ditanyakan, silakan hubungi kami melalui email di hi@brightspaceindonesia.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com