Return to site

Cara Menjaga Keamanan Sistem LMS Yang Anda Gunakan

Waspadalah terhadap serangan hacker pada sistem LMS Anda!

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Menjaga sistem keamanan digital (cyber security) merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sering kali, para pengguna sistem digital melakukan kesalahan yang membuat sistem LMS ditembus oleh oknum maupun organisasi peretas. Jika sudah demikian, siapa yang harus disalahkan? Bukan peretas yang harus disalahkan, tetapi Anda sebagai pengguna sistem LMS yang patut dipertanyakan. Mengapa, satu alasan adalah ketika Anda kurang memperhatikan tingkat keamanan perangkat yang Anda gunakan. Agar Anda tidak menjadi korban peretasan, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keamanan sistem LMS yang Anda gunakan.

1. Selalu menggunakan antivirus pada perangkat

Antivirus merupakan software yang harus Anda gunakan pada setiap perangkat yang Anda gunakan untuk terhubung pada device lain maupun yang terhubung melalui internet. Penyebaran program jahat yang dapat dilakukan secara offline dan online inilah yang mewajibkan Anda menggunakan antivirus. Banyak sekali antivirus yang dapat Anda pilih, usahakan untuk memilih antivirus yang memiliki update database dan sistem yang rutin. Anda juga harus memperhatikan agar tidak menggunakan lisensi bajakan atau menggunakan crack.

2. Jangan sembarang membuka akun pada perangkat yang bukan milik Anda

Se-mendesak apapun situasi Anda untuk membuka akun LMS, jangan pernah memaksakan diri untuk membuka akun di perangkat orang lain, sekalipun ia adalah saudara Anda. Anda tidak pernah tahu bagaimana cara mereka dalam menggunakan perangkat. Ketika mereka melakukan kesalahan saat menggunakan perangkat dan terdapat keylogger, maka akun Anda dapat diretas.

3. Hindari Wi-Fi publik saat membuka perangkat

Wi-Fi publik memang sangat dibutuhkan oleh kebanyakan mahasiswa, tetapi jangan menjadikan kesempatan tersebut untuk membuka LMS. Kembali kepada potensi penyebaran virus melalui jaringan Wi-Fi publik, maka Anda harus berhati-hati saat menggunakan Wi-Fi.

4. Memilih penyedia sistem yang kredibel

Selain kesalahan pengguna, satu hal yang harus Anda perhatikan adalah ketika memilih penyedia LMS. Jika Anda ingin menggunakan sistem dari hasil pengembangan penyedia layanan LMS, maka pilihlah yang memiliki kredibilitas terpercaya. Jangan asal pilih karena harga, utamakan bagaimana cara mereka dalam menjaga privasi data-data yang terdapat pada sistem.

Itulah beberapa cara untuk menjaga keamanan sistem LMS yang dapat kami berikan. Jika Anda mencari penyedia sistem LMS terpercaya, Anda berada pada website yang tepat! Brightspace Indonesia merupakan agen resmi dari D2L yang sudah dipercaya oleh banyak universitas di seluruh dunia. Info selngkapnya, silakan hubungi kami di hi@brightspaceindonesia.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com