Return to site

5 Tips Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Anda Di Rumah

· e-Learning Indonesia

Mampu belajar di rumah secara efektif adalah keterampilan yang penting untuk dimiliki di tengah kondisi belajar saat ini, terutama jika Anda berencana untuk kuliah. Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk belajar mandiri, mengatur beban kerja Anda dan mengatur jadwal belajar Anda sendiri. Belajar di rumah adalah sesuatu yang dapat Anda kuasai melalui latihan. Kiat-kiat ini akan membantu Anda tetap termotivasi dan teratur saat berada di rumah dan membantu Anda mempersiapkan pembelajaran mandiri di universitas.

1. Pilih tempat yang tepat di rumah Anda

Temukan tempat yang tenang di rumah. Ini mungkin di kamar tidur Anda, atau kamar cadangan di rumah. Pastikan pencahayaannya cukup, suhunya tepat, dan ada ruang untuk komputer dan catatan Anda.

2. Tentukan tujuan Anda sendiri

Tujuan akan membantu Anda tetap produktif dan termotivasi. Pikirkan tentang apa yang Anda tuju dan tuliskan. Anda dapat memecah tujuan bulanan yang besar menjadi target mingguan atau harian yang lebih kecil.

3. Prioritaskan tugas Anda

Pikirkan tentang tugas apa yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu. Apakah ada urutan logis untuk menangani pekerjaan Anda? Lakukan pekerjaan yang paling mendesak dan penting terlebih dahulu, tetapi berikan diri Anda cukup waktu untuk menyelesaikan semua tugas Anda dengan menggunakan teknik manajemen waktu.

4. Gunakan buku harian atau kalender untuk pengingat tradisional dan digital

Rencanakan studi Anda dalam buku harian kertas atau agenda digital. Anda dapat membuat daftar tenggat waktu penting yang akan datang dan menggunakannya untuk memantau tugas yang telah Anda lakukan.

5. Jauhi/hindari gangguan yang bising

Jika Anda benar-benar ingin fokus, coba setel ponsel Anda pada mode penerbangan selama 1 jam, atau matikan radio dan TV dan hanya tonton video atau dengarkan podcast yang relevan dengan pelajaran Anda.

6. Reward diri Anda sendiri

Memberikan reward pada diri Anda sendiri saat Anda menyelesaikan tujuan perlu dilakukan untuk mencapai target. Ini adalah insentif untuk tetap termotivasi, tetapi juga karena Anda pantas mendapatkannya. Ketika Anda berhasil belajar di rumah dengan baik dan dapat mencapai tujuan, saat itulah Anda berhak untuk memberikan diri Anda sendiri hadiah yang sekiranya dapat membuat Anda senang.

Ilustrasi (c) Unsplash.com