Return to site

3 Manfaat LMS Bagi Pengajar

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Memang akan sangat mudah bagi pengajar untuk melihat peningkatan mahasiswa berdasarkan nilainya. Jika awalnya rata-rata mendapatkan nilai 5, kemudian mencapai nilai 7 secara berkelanjutan, bisa dibilang mahasiswa ini mengalami peningkatan. Tetapi, kenyataannya ini bukan tolok ukur yang benar dalam menilai peningkatan mahasiswa. Karena, nilai yang didapat belum tentu sesuai dengan keahlian dari mahasiswa tersebut ketika sudah lulus. Namun, secara penguasaan materi, bisa jadi mahasiswa ini memang sudah mengalami perkembangan. Hal semacam ini mungkin akan sulit untuk diketahui oleh pengajar dengan metode pembelajaran tradisional. Agar perkembangan mahasiswa dapat dilihat dengan baik, penggunaan LMS dapat membantu pengajar dalam mengidentifikasi hal tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pengajar ketika sudah menggunakan sistem LMS dan e-Learning.

1. Identifikasi hal yang sering menjadi masalah pelik bagi mahasiswa

Ketika Anda mulai menerapkan sistem pembelajaran e-Learning dan dilengkapi dengan sistem LMS, Anda dapat mengidentifikasi setiap masalah yang dihadapi oleh mahasiswa. Bukan dengan cara yang otomatis memang, tetapi Anda dapat melakukan analisa untuk identifikasi masalah tersebut berdasarkan data. Data-data inilah yang sangat penting untuk Anda masukkan dengan cara yang benar agar akurasi dalam melakukan analisa dan identifikasi lebih tepat.

2. Evaluasi mahasiswa

Untuk mengetahui seberapa besar tingkat penguasaan mahasiswa baik dalam praktik maupun materi, tentunya Anda tidak hanya membutuhkan perhatian khusus. Tetapi, Anda juga perlu melihat setiap usaha dari mahasiswa dengan menyimpan hasilnya dalam bentuk data. Dengan demikian, evaluasi setiap mahasiswa baik sebelum atau sesudah mendapatkan materi dan praktik dapat dilihat dan dievaluasi dengan lebih baik.

3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa melalui pembelajaran yang difokuskan

Fokus pembelajaran itu penting untuk membawa mahasiswa pada tingkat kemampuan yang maksimal. Apabila Anda tidak menggunakan sistem LMS, tentu Anda tidak begitu mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa tersebut. Dengan data yang ada pada LMS, fokus pembelajaran untuk masing-masing mahasiswa dapat Anda lakukan dengan baik dan sesuai dengan harapan.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pengajar untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dengan sistem LMS. Apabila Anda membutuhkan sistem LMS yang terpercaya, silakan hubungi kami di hi@brightspaceindonesia.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com