Return to site

Seperti Apa Test Yang Sukses Untuk Pelajar?

· Tips Belajar

Tes dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Test dapat berupa kuis online dengan pertanyaan pilihan ganda, simulasi, atau peragaan langsung keterampilan praktis. Tetapi ke mana pun Anda memutuskan untuk pergi, ada beberapa karakteristik yang harus dimiliki setiap tes yang berhasil.

1. Sejalan dengan tujuan pembelajaran

Mari kita mulai tanpa berpikir panjang, yang masih mudah terlewatkan, buat jenis tes yang tepat untuk tujuan pembelajaran yang ingin Anda capai. Secara umum, menguji pengetahuan teoritis sangat berbeda dengan menguji kompetensi praktik. Anda dapat menggunakan pertanyaan pilihan ganda atau pertanyaan terbuka untuk melihat seberapa paham pelajar dengan materi yang Anda berikan.

2. Tingkat kesulitan

Untuk menentukan tingkat kesulitan yang tepat, Anda harus mengacu pada tujuan pembelajaran Anda. Apakah Anda ingin menilai pengetahuan atau keterampilan? Apakah kursus itu pengantar atau lanjutan? Apakah itu wajib atau opsional? Bergantung pada apa dan seberapa banyak Anda membutuhkan pelajar untuk memahami pembelajaran dan materi. Namun ketika Anda menilai keterampilan atau pengetahuan dalam proses pengujian, buat penilaian berbasis skenario yang lebih kompleks atau minta peragaan dari pelajar. Di sisi lain, Anda tidak perlu memberikan pertanyaan terlalu jauh dan membuat pelajar stres. Bersikaplah wajar tentang aturan yang Anda tetapkan, atau Anda dapat menyebabkan kecemasan dan menghalangi kemampuan pelajar untuk berpikir jernih selama pengujian.

3. Buatlah menyenangkan

Ujian bisa jadi membosankan, sebaiknya Anda menggunakan jenis penilaian yang berbeda, sedikit merapikannya, sehingga prosesnya lebih menyenangkan bagi pelajar. Strategi pengambilan tes online biasanya memungkinkan variasi aktivitas yang lebih banyak dan menyisakan lebih banyak ruang untuk kreativitas dan daya pikir pelajar. Anda dapat mengubah kuis pilihan ganda menjadi pengalaman interaktif dengan membuat video di mana karakter animasi mengajukan pertanyaan, dan pelajar memilih opsi jawaban. Anda juga dapat menambahkan tugas kolaboratif, terutama jika Anda melatih keterampilan yang meningkatkan pemahaman atau mendorong kreativitas pelajar.

4. Berikan umpan balik

Komponen penting lain dari tes yang sukses adalah umpan balik. Anda dapat memilih agar umpan balik muncul tepat setelah pelajar menjawab pertanyaan atau menyelesaikan tindakan, atau di akhir kuis. Umpan balik adalah hal yang paling baik untuk jenis interaktif kuis online dan demonstrasi di tempat. Tapi itu juga tergantung pada efek yang Anda inginkan dari tes. Dengan memberikan umpan balik di akhir pengujian, itu artinya Anda tidak membiarkan mereka berada di jalur yang salah sehingga mereka melihat bagaimana satu keputusan yang salah memulai serangkaian konsekuensi dalam proses belajar.

5. Memperhitungkan kesulitan belajar

Aksesibilitas dan inklusivitas harus menonjol di setiap aspek tempat kerja modern, termasuk pelatihan dan pengembangan karyawan. Itulah sebabnya Anda harus mencari tahu tentang kesulitan belajar atau tantangan lain di antara pelajar sebelum Anda mulai mengembangkan pelatihan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com