Return to site

Pendidikan Membutuhkan Teknologi Pendukung Efisiensi Pembelajaran

· e-Learning Indonesia

Dalam era digital dan pengembangan teknologi IoT (Internet of Things) ini tidak lepas dari potensi yang akan dirasakan dalam ranah pendidikan. Karena, pendidikan merupakan bidang yang juga membutuhkan sentuhan teknologi untuk membangun generasi yang lebih mudah dalam menerima mata pelajaran atau kuliah. Berikut adalah beberapa teknologi IoT yang bisa digunakan untuk pendidikan.

1. Wearable Device

Teknologi yang satu ini, saat ini digunakan pada jam tangan yang bisa terhubung dengan smartphone. Jika teknologi ini dikembangkan lebih lanjut pada pendidikan, maka setiap guru maupun dosen dapat memantau posisi murid-murid berada. Artinya, teknologi ini dapat mengurangi potensi bolos dari siswa dengan melakukan pelacakan posisi siswa dengan menggunakan wearable device.

2. Personalized Learning

Perangkat yang selalu terhubung dengan internet serta terhubung dengan aplikasi maupun software dapat dikembangkan untuk melakukan personalisasi pembelajaran bagi para siswa. Sebagai contoh, ketika pada sistem tersebut terdeteksi bahwa suatu siswa mengalami kelemahan pada pelajaran matematika, guru dapat mengembangkan metode pembelajaran yang lebih intensif kepada anak ini yang difokuskan pada mata pelajaran yang terdeteksi tersebut. Personalisasi ini pula akan memudahkan siswa dalam menentukan jurusan apa yang tepat untuk mengembangkan bakat yang ada dalam dirinya.

3. Laporan otomatis

Pengembangan aplikasi sekolah yang dapat diakses oleh orang tua merupakan salah satu metode paling cepat untuk melaporkan siswa masuk atau tidak. Dengan pengembangan aporan otomatis seperti ini, para orang tua dapat mengecek keberadaan anaknya di sekolah melalui perangkat mobile yang mereka miliki dan tidak perlu lagi khawatir kalau anaknya bolos.

4. Belajar di manapun

Siswa yang mungkin sedang mengalami halangan untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dapat mengikuti pelajar dengan sistem streaming yang dilakukan secara internal atau menggunakan aplikasi khusus sekolah. Dengan cara ini, siswa tidak perlu lagi merasa khawatir tidak bisa mengikuti pelajaran ketika ada halangan yang benar-benar membuat pelajar atau siswa ini tidak bisa belajar di sekola seperti sakit atau sedang dalam masa pemulihan pasca sakit.

Itulah beberapa teknologi IoT yang dapat dikembangkan untuk Pendidikan. Semoga pendidikan di Indonesia segera menerapkan metode digitalisasi dan memfasilitasi pembelajaran dengan memaksimalkan potensi Internet of Things (IoT).