Return to site

Menyiapkan Pelajar Menghadapi e-Learning Di Masa Depan

· e-Learning Indonesia,COVID-19

Pandemi memang bukan hal yang diinginkan. Tetapi, dari pandemi yang terjadi ini, Indonesia dapat belajar bagaimana menjalankan metode pembelajaran online. Metode pembelajaran yang sama sekali asing bagi kebanyakan pengajar, pelajar dan orang tua. Terlebih lagi bagi mereka yang berada di pedesaan. Guru merasa kesulitan untuk memberikan pembelajaran, sedangkan bagi siswa juga, tetap fokus dan termotivasi untuk belajar juga bisa jadi sulit.

Di masa yang akan datang, pendidikan mungkin akan berlanjut secara online. Bukan karena pandemi atau apa pun, namun ini akan mulai disadari bahwa efektivitas dalam pembelajaran online akan mulai terbiasa bagi siswa dan memudahkan mereka untuk mengikuti pembelajaran dengan berbagai metode baik blended learning maupun dengan flipped classroom. Sebelum semua ini tiba, berikut adalah tips tentang apa yang dapat dilakukan siswa untuk meningkatkan produktivitas mereka dan tetap fokus dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran secara online.

1. Menjadikan pembelajaran online sebagai rutinitas seperti biasa

Satu hal yang membantu siswa mengatur hari mereka adalah rutinitas. Mereka pergi ke sekolah selama jam-jam, kemudian mereka pulang, makan siang, berolahraga, melakukan beberapa kegiatan lain, dan sebagainya. Hari-hari mereka telah direncanakan dan dipersiapkan. Menciptakan rutinitas bahkan saat mengikuti pendidikan di rumah akan membantu mengembalikan struktur untuk siswa. Rutinitas dan struktur akan membantu siswa tetap berada di atas tugas mereka, bertemu teman dan memiliki sesuatu untuk dinantikan.

1. Siapkan tempat belajar khusus

Penelitian telah menunjukkan bahwa ruang kerja seseorang dapat berdampak pada lingkungannya. Saat rumah dan sekolah digabungkan menjadi satu, sulit bagi siswa untuk tetap fokus pada tugas mereka. Buatlah tempat kerja yang nyaman sehingga terkesan menarik dan menyenangkan, tidak serius dan membosankan. Lingkungan tempat Anda belajar sangat berarti. Yang terpenting, pastikan tidak ada suara keras dari dalam maupun luar rumah yang dapat mengganggu proses belajar.

3. Tidur yang cukup

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang tidur secara teratur dapat meningkatkan perhatian, pembelajaran, daya ingat, dan kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. Pastikan anak-anak mendapatkan setidaknya 8 jam tidur malam. Tidur malam yang nyenyak dapat membantu siswa lebih fokus, untuk meningkatkan pembelajaran mereka.

4. Siapkan tujuan, target dan perencanaan

Memiliki tujuan dan target membantu pelajar lebih siap dalam mengikuti pembelajar. Apakah itu tujuan yang berhubungan dengan sekolah atau tujuan pribadi, ada baiknya bagi siswa untuk menyiapkannya dan kemudian menyiapkan perencanaan tentang bagaimana mereka akan mencapainya. Mengetahui bahwa mereka memiliki tujuan akhir dan metode untuk mencapainya, akan membantu siswa tetap fokus dan juga memberi mereka motivasi ketika mereka mulai mencapai tujuan mereka. Kepuasan dan kepercayaan diri yang mereka dapatkan dalam mencapai tujuan yang lebih sederhana akan memberi mereka dorongan yang mereka butuhkan untuk membangun dan mencapai tujuan yang lebih sulit.

Ilustrasi (c) Unsplash.com