Return to site

5 Tips Menjalankan Learning From Home Bagi Pelajar

· e-Learning Indonesia

Saat Anda terjebak di dalam rumah, rasanya pekerjaan bisa diselesaikan kapan saja. Itulah yang awalnya dipikirkan oleh seorang pelajar. Bahkan, mereka akan berpikir akan lebih menyenangkan jika bisa belajar di rumah. Namun, pada kenyataannya tidaklah demikian, apa yang terjadi di kampus saat Anda merasa bosan, juga akan terjadi saat di rumah. Bahkan yang terburuk adalah, Anda akan lebih mudah kehilangan fokus saat belajar sehingga hal ini akan memudahkan Anda untuk tertinggal dari pelajar-pelajar lain yang memiliki fokus belajar yang lebih baik daripada Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan kepada Anda ketika menjalani learning from home.

1. Cari tahu kapan Anda bisa fokus dengan baik

Apakah orang tua dan saudara Anda semua melakukan pekerjaan mereka pada waktu yang sama? Jika ya, apakah itu membantu Anda tetap fokus? Atau apakah Anda melakukan lebih baik ketika semua orang melakukan hal mereka sendiri? Jika Anda dapat fokus pada saat mereka sibuk, manfaatkan waktu tersebut untuk menjadi waktu belajar bagi Anda. Karena ini merupakan waktu terbaik bagi Anda untuk belajar yang dapat Anda manfaatkan.

2. Jangan lupa untuk menjadwalkan istirahat

Belajar selama berjam-jam tidak akan membuat Anda menjadi lebih baik. Pasalnya, Anda akan menjadi lebih stress. Maka dari itu, Anda juga perlu memiliki jadwal untuk istirahat. Manfaatkan waktu ini untuk menjalani aktivitas ringan untuk menghilangkan kebosanan atau untuk makan.

3. Meminta bantuan saat Anda istirahat

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas, cobalah untuk memanfaatkan waktu istirahat ini untuk meminta bantuan. Anda dapat meminta bantuan melalui obrolan, telepon atau dengan melihat video tutorial. Namun, sebisa mungkin hindari social media, karena ini akan lebih mudah untuk membuat Anda lupa bahwa ada hal yang harus Anda kerjakan.

4. Cobalah untuk bergerak sedikit untuk menghilangkan stres

Ketika Anda sudah merasa bosan, stress dan pikiran menjadi stuck, cobalah untuk membawa Anda bergerak sedikit. Misalnya dengan mengambil makanan atau minuman, mengecek hewan peliharaan dan sebagainya untuk menyegarkan pikiran Anda. Tapi ingat, jangan melakukan hal ini lebih dari 5 menit. Karena ini dapat merusak jadwal belajar Anda.

5. Memiliki jadwal

Inti dari membuat jadwal adalah memastikan Anda menetapkan tujuan untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda dan menghilangkan kebutuhan untuk terus-menerus membuat keputusan tentang pekerjaan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Ini akan membantu Anda untuk belajar lebih baik daripada Anda harus belajar secara instan dan mendadak yang akan membuat Anda lebih mudah untuk lupa.

Ilustrasi (c) Unsplash.com