返回網站

Mempersiapkan Diri Untuk Menggunakan Sistem LMS

· Teknologi Pendidikan

Tidak mudah dalam menggunakan sistem LMS, semua orang yang ada di lembaga pendidikan seperti dosen dan pelajar harus memiliki kesiapan untuk menggunakan sistem ini. Karena, dalam setiap penggunaan sistem LMS, tentu akan ada hal baru yang dirasakan oleh dosen dan pengajar. Terlebih lagi, dosen, ada yang sudah paham dengan teknologi ada pula yang masih belum begitu paham. Nah, di sini, Anda sebagai pemimpin lembaga baik itu pemilik kampus (swasta) maupun rektor (pengelola) harus bisa mempersiapkan semua orang di lembaga agar lebih siap dalam menggunakan sistem LMS ini. Berikut adalah beberapa cara agar mereka lebih siap dalam menggunakan sistem LMS untuk pendidikan.

1. Pelatihan sebelum implementasi LMS

Sebelum Anda mulai mengimplementasikan sistem LMS di lembaga Anda, mulailah dengan melakukan pelatihan-pelatihan tentang teknologi yang terdapat pada sektor pendidikan. Ini bertujuan untuk menyadarkan para pengajar dan pelajar bahwa teknologi sudah mulai merambah pada dunia pendidikan. Setelah pelajar dan pengajar lebih sadar akan kehadiran teknologi, mulailah untuk melakukan pelatihan mengenai LMS.

2. Mengadakan seminar dengan pembicara dari penyedia LMS

Seminar mengenai LMS itu penting untuk dilakukan sebelum mulai menggunakan LMS di kampus Anda. Ada banyak penyedia sistem LMS, undang tim untuk menjadi narasumber mengenai LMS ini. Jika Anda bingung untuk mencari pembicara, tim dari Brightspace Indonesia siap untuk hadir menjadi pembicara di kampus Anda.

3. Memberikan pelatihan lanjutan terhadap dosen

Dosen memiliki tugas penting dalam menjalankan sistem LMS. Untuk itu, jika Anda merasa bahwa pelatihan biasa sulit untuk bisa diterima oleh dosen di kampus Anda, lakukanlah pelatihan yang lebih intensif. Anda dapat menggunakan sisem LMS secara trial dari penyedia untuk memberikan pelatihan secara langsung kepada seluruh dosen.

Itulah beberapa tips untuk mempersiapkan dosen dan pelajar dalam menggunakan sistem LMS. Apabila Anda memiliki pertanyaan lain mengenai sistem LMS, silakan hubungi kami melalui email di hi@brightspaceindonesia.com. Tim kami akan dengan senang hati melayani Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com