Return to site

LMS 101 (PART-1): Apa Yang Harus Dicari Pada Sistem LMS?

· Sistem LMS Indonesia,Alat e-Learning

Sistem LMS memiliki banyak manfaat yang bisa Anda temukan. Namun, selain manfaat tersebut ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan pada sistem LMS. Bukan yang murah, bukan yang mahal untuk dicari. Tapi, yang harus Anda cari ketika ingin menggunakan Sistem LMS adalah:

1. Sederhana dan mudah digunakan

Sistem yang sederhana dan mudah digunakan oleh pelajar dan pengajar akan memberikan pengalaman yang baik. Dari pengalaman tersebut, pengajar dan pelajar akan lebih maksimal dalam menerima pelajaran. Sistem LMS Brightspace Indonesia memiliki fitur drag & drop konten untuk materi, otomatisasi pekerjaan yang bisa dilakukan sistem dan kemudahan dalam memberikan feedback.

2. Dapat diakses oleh siapa pun dan di mana pun

Semua tempat dapat menjadi kelas, entah saat  pelajar berada di rumah, berada di kafe atau berada di mana pun, ia dapat belajar. Sistem LMS dapat diakses di mana pun tanpa ada pembatas ruang dan waktu. Sistem dapat dibuka dengan mudah melalui laptop/desktop dan smartphone/tablet. Ini adalah hal penting yang harus Anda cari ketika menggunakan sistem LMS.

3. Integrasi dengan platform lain

Sistem LMS yang Anda gunakan dapat terintegrasi dengan sistem lainnya seperti email, integrasi dengan layanan cloud storage seperti GDrive. Media penyimpanan yang terintegrasi dengan GDrive akan membantu pelajar dan pengajar menggunakan penyimpanan yang berlebihan pada sistem. Atau, pelajar dan pengajar dapat memindahkan data dari sistem LMS ke GDrive pribadi mereka dengan mudah.

4. Mendukung personalisasi pembelajaran dan pelatihan

Sistem LMS harus dapat beradaptasi dengan cara Anda berlajar bukan Anda beradaptasi dengan sistem. Ketika Anda menggunakan sistem yang dapat dipersonalisasikan dengan gaya belajar dan mengajar, tentu ini akan memberikan efek positif untuk semua pihak di kampus/sekolah baik itu pelajar maupun pengajar.

5. Mendukung laporan berbasis data

Analisa data penting untuk menentukan metrik para pelajar. Dari data yang tersimpan pada sistem LMS, pengajar dapat melihat perkembangan pelajar melalui data dan dapat dijadikan acuan untuk mempersonalisasika metode pembelajaran sesuai kebutuhan siswa tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus Anda cari ketika menggunakan sistem LMS. Kami akan memberikan beberapa bagian lain pada artikel selanjutnya. Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih cepat dan ingin menggunakan sistem LMS dari Brightspace Indonesia, silakan email ke hi@brightspaceIndonesia.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com