Return to site

Kembali Ke Sekolah Selama COVID-19, Apa Yang Harus Dilakukan?

· COVID-19

Kembali ke sekolah telah menumbuhkan serangkaian kekhawatiran baru bagi orang tua dan pengajar lainnya selama penyakit coronavirus 2019 (COVID-19) ini masih belum berakhir. Terlebih lagi, Sejak Juni 2021, Indonesia mengalami peningkatan jumlah pasien COVID-19. Sekolah kini harus menyeimbangkan kebutuhan pendidikan, sosial dan emosional siswanya serta kesehatan dan keselamatan siswa dan staf di tengah pandemi COVID-19 yang terus berkembang.

Keputusan tentang seperti apa sekolah dan pembelajaran biasanya dibuat di tingkat lokal oleh dewan sekolah dan pejabat pemerintah. Secara keseluruhan, sebagian besar sekolah memilih salah satu dari tiga opsi:

  1. Pembelajaran jarak jauh. Semua instruksi dilakukan dari jarak jauh dalam model ini menggunakan teknologi dan alat lainnya.
  2. Sekolah tatap muka. Model ini mirip dengan sekolah tradisional dengan tindakan pencegahan dan prosedur kesehatan dan keselamatan yang ditingkatkan.
  3. Hybrid learning. Model ini mencakup elemen sekolah jarak jauh dan sekolah tatap muka.

Sekolah dapat mengadopsi satu atau lebih pendekatan selama tahun ajaran bari di tengah pandemi. Bersiap untuk berbagai lingkungan sekolah dapat memberdayakan pengajar dan pelajar guna mengurangi kecemasan. Sediakan beberapa masker kain untuk pelajar. Berikan pelajar masker bersih dan masker cadangan setiap kali mereka mencoba Sediakan beberapa masker kain untuk pelajar.

Dalam setiap kasus, ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi risiko COVID-19, membantu pelajar merasa aman, dan membuat keputusan yang tepat selama pandemi COVID-19.

Informasi terkait Perencanaan kembali ke sekolah:

  • Daftar periksa untuk orang tua, wali dan pengasuh
  • Terapkan jarak aman Jarak sosial, atau jarak fisik, adalah praktik memberikan ruang yang cukup antara individu untuk mengurangi penyebaran penyakit.

Selama pandemi COVID-19, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk menjaga jarak setidaknya 6 kaki (2 meter) antara Anda dan orang-orang di luar rumah Anda untuk memenuhi tujuan ini. Tapi itu mungkin tidak praktis di beberapa sekolah atau dengan anak-anak yang lebih kecil.

American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan mengikuti jarak fisik yang ketat dapat bertentangan dengan standar pembelajaran akademik, sosial, dan emosional yang ideal. Juga tidak jelas seberapa mudah COVID-19 menyebar di antara anak-anak. Langkah-langkah untuk mendorong jarak sosial selama sekolah tatap muka dapat mencakup:

  • Menghilangkan loker atau mengelompokkannya berdasarkan kelompok siswa, atau kelompok
  • Menciptakan lalu lintas satu arah di lorong sekolah
  • Menggunakan ruang luar bila memungkinkan untuk instruksi, makan, dan istirahat
  • Mengatur jarak meja dan membuat mereka semua menghadap ke arah yang sama Menggunakan penghalang fisik, seperti pelindung dan partisi kaca plexiglass, untuk memisahkan pendidik dan siswa
  • Membagi siswa menjadi kelompok atau kelompok berbeda yang tetap bersama selama hari sekolah dan mengurangi interaksi antara kelompok yang berbeda
  • Mempertimbangkan risiko dan manfaat dari sekolah tatap muka untuk anak-anak dapat berarti tingkat jarak sosial yang berbeda berdasarkan usia dan tahap perkembangan anak. Misalnya, AAP merekomendasikan untuk mengizinkan permainan interaktif untuk anak-anak prasekolah sambil mendorong kohorting siswa dan penutup wajah untuk anak-anak yang lebih besar.

Ilustrasi (c) Unsplash.com