Return to site

Kehadiran AI Untuk Pendidikan

· Teknologi Pendidikan

Teknologi Artificial Intelligence (AI) berkembang diberbagai lini bisnis dan kehidupan pribadi. Bahkan pendidikan pun tidak luput dari sasaran AI yang kini mulai dikembangkan untuk membantu para pengajar dalam memberikan pendidikan kepada anak didiknya. Memang, AI tidak akan merombak pendidikan sepenuhnya, akan tetapi di berbagai lini pendidikan, AI akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan dan akan membawa para pelajar untuk meraih hasil akademis yang terbaik ketika sudah lulus. Berikut adalah beberapa hal dalam pendidikan yang akan mendapatkan pengaruh besar dari kehadiran teknologi kecerdasan buatan (AI).

1. Pembelajaran yang dipersonalisasi sesuai pelajar

Bayangkan jika Anda menerima sebuah materi yang sesuai dengan kebutuhan Anda ketika mengikuti pendidikan, tentu Anda akan merasa bahwa pendidkan Anda saat ini merupakan pendidikan yang paling tepat. Hal ini pun membuat image pendidikan tidak lagi buruk seperti yang dipikirkan oleh sebagian pelajar. Mengikuti pelajaran pun tidak lagi membosankan, tidak ada lagi mata pelajaran yang ketinggalan, karena semua mata pelajaran diberikan berdasarkan personalisasi dan kebutuhan pelajar. Bukan untuk menggantikan posisi guru, AI justru membantu memperbaiki kinerja guru agar lebih baik dalam memberikan materi pelajaran kepada semua pelajar.

2. Efisiensi

Manfaat terbesar ketika kecerdasan buatan (AI) benar-benar dimaksimalkan untuk dunia pendidikan adalah memberikan peningkatan proses yang signifikan karena akan terjadi efisiensi diberbagai lini. Misal, Dengan metode pembelajaran e-Learning yang dilengkapi dengan AI, maka pelajar dan pengajar akan mengetahui kapan pelajar harus mendapatkan bimbingan lebih dan kapan harus berhenti. Sehingga, guru tidak perlu lagi memberikan pendidikan tambahan yang berlebihan yang tentunya akan mengehamat waktu dalam memberikan pembelajaran kepada para pelajar.

3. Meningkatkan disiplin bagi pelajar

Kesulitan memantau pelajar yang kurang disiplin merupakan masalah yang sering kali dialami oleh banyak sekolah dan kampus. Namun, dengan bantuan kecerdasan buatan yang diintegrasikan dengan aplikasi resmi pihak sekolah atau kampus dan memberikan akses kepada para orang tua akan mengurangi masalah indisipliner yang terjadi di kampus. Seperti, Anda membuat sistem absen yang dapat diakses oleh orang tua, ini akan membantu para orang tua dalam mengetahui apabila anaknya benar-benar berada di kampus.

Ilustrasi (c) Unsplash.com