Return to site

Jenis Video Yang Bisa Anda Gunakan Untuk e-Learning

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Jika kemarin kami memberikan tips mengenai konten visual untuk e-Learning, pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips yang masih berhubungan dengan artikel tersebut. Dalam hal ini, kami ingin membagikan beberapa jenis video yang dapat Anda pilih untuk menyampaikan materi e-Learning kepada para pelajar. Apa saja jenis video tersebut? Berikut adalah beberapa daftarnya untuk Anda!

1. Video fokus pada kamera

Anda tentu sering melihat berita di televisi ataupun acara-acara lainnya yang sifatnya untuk memberikan informasi. Metode penyampaian dengan seperti ini juga sama, pengajar cukup fokus pada kamera dan menyampaikan narasi materi selayaknya para presenter berita memberikan informasi kepada para penontonnya.

2. Video interview

Jika pada metode pertama hanya membutuhkan satu orang untuk menyampaikan materi, pada jenis video ini pengajar membutuhkan mitra  yang dapat dijadikan sebagai orang yang bertanya. Selayaknya acara talkshow di media televisi, ada pewawancara dan narasumber pada video untuk memberikan pertanyaan dan jawaban. Dengan metode interaktif seperti ini, para pelajar tentu akan mendapatkan beberapa poin yang memudahkan cara mereka untuk memahami materi yang dimaksudkan.

3. Video cerita pendek

Selain dengan menggunakan metode formal dalam memberikan materi melalui video, Anda juga dapat menggunakan metode penyampaian materi yang lebih kreatif, seperti dengan menggunakan cerita pendek. Penyampaian materi seperti ini lebih cocok untuk memberikan penjelasan dengan berdasarkan studi kasus yang terjadi ketika para pelajar sudah terjun ke dunia bisnis maupun dunia kerja yang sesungguhnya.

4. Mix video

Campuran jenis video pada satu video pun juga perlu dilakukan. Anda dapat membuat beberapa penyampaian materi yang lebih interaktif dan lengkap. Cara ini tentunya juga dapat menghemat waktu para pelajar untuk mengikuti pelajaran. Akan tetapi, ini akan membutuhkan waktu yang lebih panjang bagi pengajar untuk melakukan pengambilan gambar (shooting) serta membutuhkan daya komputer yang andal untuk melakukan rendering video dengan durasi yang pastinya akan sedikit lebih panjang.

Itulah beberapa jenis video yang dapat Anda pilih untuk metode pembelajaran e-Learning. Apabila Anda ingin memiliki sistem LMS yang mendukung materi dengan video, maka Brightspace Indonesia adalah jawabannya! Informasil lebih lanjut, silakan hubungi kami di hi@brightspaceindonesia.com.  

Ilustrasi (c) Unsplash.com