Return to site

Didik Pelajar Untuk Memenuhi 8 Hal Ini!

· Tips Sekolah Online

Menjadi seorang pelajar yang sukses ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, Anda harus menjalani prosesnya dengan baik. Setiap proses ini juga membutuhkan waktu, Anda harus bisa menjalaninya dengan baik pula. Sebagai bantuan untuk Anda, berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat Anda lakukan untuk menjadi siswa yang sukses.

1. Menjadi orang yang terorganisir

Membuat rencana untuk apa yang akan Anda lakukan dan kapan Anda akan melakukannya akan memastikan Anda selalu menjalankan sesuai dengan apa yang sudah Anda rencanakan.

2. Jangan multitasking

Penelitian telah menunjukkan bahwa multitasking secara fisik tidak mungkin, jadi Anda harus fokus pada pekerjaan tertentu terlebih dahulu, kemudian selesaikan. Setelah selesai, Anda dapat melanjutkan ke pekerjaan lainnya.

3. Berbagi

Belajar tidak menyenangkan untuk memulai, dan memaksakan diri melalui belajar secara marathon diakhir hanya akan memperburuknya. Membagi pekerjaan Anda menjadi bagian-bagian yang dapat dikelola dan memberi penghargaan kepada diri Anda sendiri ketika Anda menyelesaikan setiap bagian akan membuat belajar (lebih) menyenangkan.

4. Tetapkan jadwal

Apakah Anda bekerja lebih baik setelah sekolah atau setelah Anda makan malam? Apakah Anda lebih produktif belajar langsung selama 90 menit atau tiap setengah jam? Temukan jadwal yang sesuai untuk Anda, dan lakukan dengan rutin.

5. Ambil catatan

Mencatat tidak hanya akan membuat Anda lebih terlibat selama kelas, tetapi juga akan membantu Anda mempersempit apa yang perlu Anda pelajari saat waktu ujian tiba. Jauh lebih mudah untuk membaca ulang catatan Anda daripada membaca ulang seluruh buku teks Anda!

6. Belajar

Yang ini mungkin sudah jelas, tetapi tahukah Anda bahwa ada cara belajar yang benar dan cara yang salah? Tinjau materi Anda beberapa hari sebelumnya, dalam potongan kecil, dan dengan cara yang berbeda (misalnya, tulis kartu flash suatu hari dan ikuti tes latihan di hari berikutnya). Dengan kata lain, jangan menjejalkan.

7. Kelola ruang belajar Anda

Temukan tempat yang akan memaksimalkan produktivitas Anda. Carilah tempat yang jauh dari televisi dan gangguan lainnya. Baik itu perpustakaan atau hanya meja di kamar tidur Anda, sisihkan ruang belajar yang Anda inginkan untuk menghabiskan waktu.