Return to site

Cara Untuk Mempersiapkan Tes Online Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (e-Learning)

· Alat e-Learning

Ujian adalah bagian dalam pendidikan untuk melihat perkembangan pelajar selama mengikuti pembelajaran di kelas. Dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 atau banyaknya kejadian tidak terduga seperti bencana alam yang terjadi, ujian pun sering kali ditunda karena pelajar tidak dapat datang ke sekolah. Namun, dengan implementasi sistem LMS untuk mendukung pembelajaran online, ujian pun dapat dilakukan dengan metode online. Dengan kehadiran sistem LMS dan pembelajaran online ini, ujian dapat dilakukan tepat waktu tanpa ada halangan apa pun. Yang dibutuhkan hanyalah perangkat dan koneksi internet. Jika Anda ingin menjalankan ujian secara online, berikut adalah beberapa tips ujian yang dapat Anda perhatikan.

1. Pengujian formatif

Penilaian formatif sangat penting untuk mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan sejak dini, dan memberikan intervensi yang akurat dan dini. Ini dapat membantu Anda menilai pemahaman sebelum beralih ke topik baru. Pantau data siswa saat mereka maju melalui topik yang ditetapkan, dengan menandai kuis ke kurikulum dan standar.

2. Personalisasi pembelajaran

Untuk menjaga motivasi dan keterlibatan, penting bagi siswa untuk merasa terlibat dalam pembelajaran mereka saat mempersiapkan ujian online. Luangkan waktu untuk percakapan satu lawan satu dengan siswa yang memungkinkan mereka untuk berbagi bagaimana perasaan mereka tentang kemajuan, atau gunakan forum online untuk ulasan penilaian pribadi. Tetapkan kegiatan yang berbeda untuk siswa sesuai dengan nilai tes mereka.

3. Perkenalkan kompetisi untuk persiapan ujian online

Kata 'ujian' dapat mengungkapkan ketakutan, atau kebosanan. Memperkenalkan pengujian berbasis game ke dalam kelas mengubah penilaian dari tugas yang menakutkan menjadi kesempatan yang menyenangkan untuk membuktikan pengetahuan pelajar. Papan peringkat pada sistem LMS memperkenalkan elemen kompetisi ke dalam kelas. Streaming papan peringkat tim vs. tim atau individu untuk meningkatkan motivasi belajar menjelang ujian. Awali kompetisi yang sehat dengan kuis topikal.

4. Pastikan siswa Anda percaya diri dengan teknologinya

Sebagian besar kelas sekarang berlangsung di dunia maya, dan siswa mungkin telah mencapai tingkat literasi teknologi yang cukup tinggi. Namun, dari navigasi situs web hingga jam hitung mundur, pengujian online masih bisa menjadi pengalaman yang menakutkan. Menggabungkan latihan berbasis timer reguler, untuk memungkinkan siswa menjadi lebih percaya diri dengan pengujian online. Jika memungkinkan, tunjukkan demo platform pengujian kepada siswa sebelum hari ujian yang sebenarnya. Jika mereka tahu apa yang diharapkan, mereka dapat fokus pada pengetahuan subjek mereka daripada situs tes itu sendiri. Letakkan sistem yang jelas di tempat jika terjadi kesalahan pada hari penilaian.