Return to site

Bersama Menyelamatkan Pendidikan Indonesia Dengan LMS Di Tengah COVID-19

· Sistem LMS Indonesia,COVID-19

Pandemi yang dialami saat ini belum pernah kita alami sebelumnya. Hampir semua aktivitas di seluruh dunia mengalami kelumpuhan karena terjadi lockdown. Bahkan, banyak perusahaan yang meminta karyawannya untuk menerapkan bekerja dari rumah. Sekolah-sekolah pun sebagian meliburkan sekolah hingga batas yang tidak dapat ditentukan sebelum akhirnya memutuskan untuk menjalankan metode pendidikan dari rumah atau yang dikenal dengan school from home.

Pandemi ini menutup sekolah, ya itu yang terjadi, meskipun penutupan ini terjadi untuk sementara. Namun, efeknya sangat besar selama periode penutupan tersebut. Contoh, di Indonesia, pelajar yang lulus sudah bisa mendapatkan sertifikat kelulusan pada Juni lalu, namun karena COVID-19 ini, pelajar baru mendapatkan sertifikat kelulusan pada awal bulan Agustus dan ada pula yang hingga saat ini masih belum mendapatkan ijazah karena sekolah masih dalam kondisi ditutup.

Pandemi yang terjadi ini adalah momen yang menyadarkan lembaga pendidikan, pendidik dan pelajar bahwa di masa depan kita akan berada pada posisi belajar secara online. Dan selama bertahun-tahun, banyak dari kita telah bekerja dengan penjabat dan sekolah dalam proyek skala kecil untuk mempersiapkan penutupan massal atau kondisi di mana seseorang tidak dapat datang ke sekolah karena terjadi kendala. Hal ini pun kini terbukti bahwa pentingnya persiapan untuk menghadapi kejadian serupa dengan menjaga pendidikan tetap berlangsung melalui metode pembelajaran online.

Dengan adanya COVID-19, banyak sekolah sekarang mengejar apa yang di yakini akan menjadi normal global baru - memiliki kemampuan untuk beralih dari pembelajaran berbasis kelas ke pembelajaran online eksklusif dengan mudah.

Tentu, itulah yang ada saat ini dan menjadi keputusan secara menyeluruh. Brightspace Indonesia melayani jutaan siswa setiap hari di bekerja sama dengan sekolah-sekolah di seluruh dunia untuk membuat siswa belajar menggunakan segalanya mulai dari mendukung kursus streaming hingga membantu lembaga pendidikan dengan ujian online yang menggabungkan kecerdasan buatan hingga pengawas. Kami menggandakan upaya kami untuk membantu lembaga beralih dengan cepat ke model pembelajaran yang sepenuhnya online.

Untuk melakukan itu, tim Brightspace Indonesia bekerja tanpa henti untuk mendukung permintaan di seluruh Indonesia dari lembaga pendidikan tinggi dan sekolah untuk memindahkan sebagian atau semua pembelajaran mereka secara online. Sekarang, yang kita ketahui tentang new normal bukanlah skenario kehidupan yang sepenuhnya normal. Dan di momen yang menentukan dalam sejarah ini, kami bangga dengan kepemimpinan yang ditunjukkan tim kami, dan kepedulian yang mereka berikan dalam interaksi dengan lembaga pendidikan, mitra, dan komunitas. Kami tim Brightspace Indonesia sangat bangga dengan cara bekerja sama sebagai perusahaan untuk mengatasi masalah, berkomunikasi, memecahkan masalah sulit dalam pendidikan ditengah ketidakpastian yang disebabkan kejadian khusus seperti COVID.

Saat ini, terdapat jutaan siswa yang sudah tidak bersekolah karena alasan keamanan dan masih enggannya pejabat lembaga pendidikan mengadopsi e-Learning. Kami bahkan tidak dapat menghitung pelatihan yang ditangguhkan di lingkungan pembelajaran perusahaan. Dan kami bangga dengan kinerja mitra, lembaga dan tim Brightspace Indonesia bekerja sama untuk melakukan yang terbaik untuk membantu memastikan respons pendidikan terhadap COVID-19 sama kuatnya dengan respons medis atau ekonomi.

Kami akan melakukan segala hal yang kami bisa untuk menyelamatkan tahun ajaran, untuk menjaga siswa belajar dan menjaga sekolah tetap berfungsi sebagaimana mestinya serta untuk mencegah apa yang saya sebut sebagai "resesi pendidikan." Mari bekerja sama untuk memajukan tahun ajaran baru bagi pelajar-pelajar di Indonesia tanpa terkendala masalah COVID-19 yang belum kita ketahui kapan akan reda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com