Return to site

5 Tantangan Untuk Learning & Development

· e-Learning Indonesia

Learning and Performance Institute baru-baru ini menerbitkan '5 tantangan teratas untuk para pemimpin L & D'. Daftar ini jelas menunjukkan perlunya solusi terintegrasi yang memungkinkan pembelajaran berkelanjutan dan tujuan bisnis menjadi hasil pembelajaran yang ditargetkan, serta cara praktis untuk mengimplementasikan transformasi digital dalam pembelajaran.

Di sini, kami melihat setiap tantangan, mempertimbangkan bagaimana teknologi dapat membantu menghadapi tantangan itu dan memberikan serangkaian kiat terbaik untuk platform pembelajaran modern:

1. Membangun budaya belajar dan melatih

Cara kita belajar telah berubah. Sementara pelatihan di tempat kerja dulu merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap orang, sekarang karyawan semakin memiliki pengembangan sendiri. Dalam hal ini, millennial merupakan kekuatan pendorong yang signifikan. Untuk mendukung tren ini, dan tujuan untuk membangun budaya yang tepat, platform pembelajaran harus terbuka dan intuitif. Hal ini tentu akan mendorong pembelajaran berkelanjutan dengan menangani semua jenis kebutuhan pembelajaran melalui konten yang menarik dan perjalanan pembelajaran yang dipersonalisasi.

Kiat utama:

  • Buat pengalaman belajar yang menarik dan intuitif yang membangkitkan rasa ingin tahu pelajar
  • Dorong pembelajaran aktif dengan memungkinkan karyawan menguji pengetahuan mereka, mengajukan pertanyaan dan menerapkan pembelajaran mereka
  • Pastikan umpan balik dan pelatihan tentang praktik dunia nyata menjadi bagian dari perjalanan pembelajaran.

2. Transformasi pembelajaran digital

Banyak organisasi menghadapi tantangan untuk mempertahankan pekerjaan sehari-hari dalam mengimplementasikan pembelajaraan serta pada saat yang sama mengubah cara pembelajaran itu sendiri. Jelas ada keinginan untuk lebih memahami cara membuat transisi ini berhasil, terutama mengingat perkembangan global baru-baru ini yang memaksa tenaga kerja untuk segera pindah ke metode bekerja secara online/remote. Selain tantangan praktis dalam implementasi, para pemimpin L & D juga dituntut untuk menunjukkan timbal balik dari investasi pada teknologi dan ini harus menjadi salah satu kunci utama dari kemitraan yang erat dengan penyedia teknologi.

Kiat utama:

  • Pendekatan transformasi digital sebagai program perubahan manajemen
  • Pastikan platform yang dipilih dapat diintegrasikan secara sederhana di samping sistem yang ada dan menyediakan satu log-in untuk semua kebutuhan pembelajaran
  • Bermitra dengan penyedia platform pembelajaran. Dengan demikian mereka dapat memberi saran tentang penerapan program perubahan dan memberikan bantuan dalam membangun pembelajaran dan mengkomunikasikan perubahan tersebut.

3. Mendukung pembelajaran dalam alur kerja

Ada berbagai kebutuhan pelatihan dan platform pembelajaran yang harus dilengkapi untuk menjalankan program untuk mendukung semuanya. Itu berarti meningkatkan pembelajaran untuk kebutuhan pelatihan teknis secara langsung, kursus terstruktur untuk pelatihan wajib dan pengalaman belajar terus menerus untuk membangun keterampilan khususnya soft skill yang mereka miliki.

Kiat utama:

  • Pastikan semua kebutuhan pelatihan terpenuhi, artinya peserta didik perlu mempraktikkan soft skill dan pemberian umpan balik dari instruktur maupun leader
  • Memasukkan konten multimedia termasuk video, hal ini sangat ideal untuk demonstrasi teknis
  • Aktifkan interaksi dan kolaborasi pelajar, sehingga peserta didik dapat belajar dari satu sama lain melalui kelompok diskusi, tugas maupun melalui ulasan.

4. Pengembangan strategi pembelajaran

Strategi L & D harus didukung oleh hasil pembelajaran tertarget dan terukur, dan harus kembali pada tujuan L & D dan bisnis yang lebih luas. Untuk itu, data merupakan hal sangat penting. Ini memungkinkan untuk mengetahui wawasan tentang kemajuan dan hasil pembelajaran serta dalam mendukung pengambilan keputusan yang tepat.

Kiat utama:

  • Dapatkan bantuan dari manajer agar penggunaan platform pembelajaran lebih sukses dalam menetapkan tujuan pembelajaran dan membuat rencana
  • Pastikan analitik di dalam platform mendukung berbagai Tindakan
  • Adaptasi program pembelajaran untuk mengoptimalkan hasil. Hal ini membutuhkan pengukuran terperinci yang melampaui tingkat penyelesaian sederhana. Misalnya, siapa yang mengakses platform, apa yang ada dalam pembelajaran, berapa lama dan hasil akhirnya seperti apa.

5. Mendorong keterlibatan karyawan

Belajar dan kesempatan untuk maju dalam karier akan membuat mereka termotivasi. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk melibatkan karyawan. Program pengembangan yang jelas dan akses materi pembelajaran yang mudah dapat memicu rasa ingin tahu, guna meningkatkan keinginan untuk memahami dan mempelajari materi. Dengan membantu karyawan mencapai tujuan pembelajarannya, mereka akan merasa dihargai dan ingin berkontribusi dalam mencapai tujuan bisnis.

Kiat utama:

  • Melibatkan peserta didik dengan beragam konten, video, tugas dan kemampuan untuk mengajukan pertanyaan
  • Buat peserta didik tetap berada pada jalur dengan melakukan evaluasi. Pemberian tugas dengan video dapat dianalisis secara otomatis untuk memberikan umpan balik yang lebih cepat ke pelajar. Anotasi audio dan tertulis merupakan bagian dari mekanisme umpan balik lainnya
  • Aktifkan sesi pelatihan langsung melalui platform.

Platform pembelajaran modern menyediakan lebih dari sekadar repositori konten yang sederhana. Ini memungkinkan pendekatan menyeluruh untuk diambil sebagai tujuan pengembangan, pemberian pelatihan, keterlibatan karyawan dengan pembelajaran dan mengurangi kesenjangan keterampilan. Dengan pendekatan yang tepat dan pemanfaatan penuh pada fitur-fiturnya, platform pembelajaran dapat membantu para pemimpin L & D menyelesaikan 5 tantangan L & D yang dihadapi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com