Return to site

5 Hal yang Mendukung Peningkatan Pembelajaran Online

· Learning

Karena e-learning telah menjadi salah satu metode pembelajaran yang sudah mulai dikenal di Indonesia secara luas, maka penting untuk mengeksplorasi dalam menemukan cara terbaik menggunakan metode ini untuk pendidikan. Yang jelas, banyak sekali materi pelajaran online yang diproduksi namun, institusi harus tetap memiliki materi yang dibuat untuk disesuakan oleh pelajar di sekolah/kampusnya sendiri. Namun, perlu diingat ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yang dapat membantu membuat e-learning lebih menarik dan efektif:

1. Komunikasi

Media online menghubungkan pelajar dengan banyak orang di seluruh dunia. Anda dapat mengumpulkan banyak ide dari metode pembelajaran ini. Jadi tetap terhubung dengan kelas online dan selalu melakukan pembaruan sebanyak yang Anda bisa. Pelajar harus dapat mendengarkan dengan cermat dan mendiskusikan konten satu sama lain dan dengan para pengajar. Keterlibatan pengajar dengan pelajar, dan kemudahan dalam penyampaian materi pembelajaran melalui media online diawali dengan komunikasi. Dari komunikasi ini akan membantu Anda mengumpulkan banyak catatan tentang materi yang akan Anda berikan.

2. Kelompok

Media dan aplikasi online menawarkan peluang bagus untuk membuat berbagai kelompok untuk membina hubungan dan berbagi pengetahuan antara siswa dan pelajar. Komunitas yang dihasilkan akan menyediakan lingkungan pembelajaran online yang lebih menarik.

3. Efek Audio/Video

Media online memungkinkan pengajar untuk memberikan informasi melalui audio dan visual. Pengajar dapat mengubah materi pelajaran menjadi slide AV dan pelajar dapat menonton filenya kapan pun mereka mau. Metode AV adalah salah satu pedagogi terpenting di era modern. Metode ini dapat memperluas kapasitas otak dan mengurangi stress bagi pelajar. Ketika mata dan telinga seseorang benar-benar terlibat, konsentrasinya meningkat secara otomatis. AV juga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik.

4. Gamifikasi

Gamifikasi dapat digunakan untuk mendorong belajar dan untuk memperkuat pelatihan. Gamifikasi dalam e-Learning dapat membantu pelajar mendapatkan dan mempertahankan keterampilan baru. Banyak organisasi dan universitas mengikuti pedagogi ini sekarang.

5. Seluler

Perangkat seluler sangat efektif untuk e-learning. Orang-orang membawa perangkat seluler ke mana saja, sehingga mereka dapat memulai sesi belajar di mana saja, kapan saja. Ponsel pintar juga memiliki banyak pilihan untuk komunikasi. Sistem LMS yang digunakan oleh institusi haruslah mendukung tren ini. AkuBelajar.ID memiliki sistem yang dapat diakses melalui media seluler dengan baik.