Return to site

Tata Cara Mengikuti Kelas Online Untuk Semua Pelajar

ยท Tips Belajar

Pada kondisi saat ini, setiap pelajar dan orang tua harus membawa diri mereka untuk menerima kehadiran model ruang kelas yang baru. Transisi dari sekolah di ruang kelas menjadi sekolah dari rumah, bisa menjadi perubahan yang rumit. Beberapa dari mereka dapat beradaptasi dengan cepat terhadap model pembelajaran jarak jauh, sementara yang lain mengalami kesulitan dengan format kelas jarak jauh.

Dengan banyak sekolah yang memilih untuk melanjutkan pembelajaran secara online saat ini maupun dalam tahun ajaran baru di masa depan, keberhasilan pelajar dan pengajar dalam menyesuaikan diri dengan model pembelajaran virtual dapat menjadi perbedaan antara membuat nilai baru dan sebagai metode pembelajaran tertinggal. Berikut adalah beberapa tip yang akan membantu pelajar untuk bisa menerima kelas jarak jauh (school from home) di masa depan.

1. Pentingnya ruang belajar

Salah satu kelemahan dari pembelajaran jarak jauh adalah potensi gangguan. Ketika seorang siswa harus belajar di ruang makan, mungkin sulit untuk berkonsentrasi pada materi. Jika memungkinkan, buat tempat khusus yang mewakili "zona sekolah", meskipun itu hanya di sudut ruangan. Dengan adanya ruangan khusus ini, pelajar akan lebih mudah untuk berkonsentrasi baik saat mengerjakan tugas dari sekolah maupun ketika harus mengikuti kelas online melalui video streaming dengan pengajar.

2. Dapatkan perlengkapan yang tepat

Jika ada banyak gangguan di rumah, headphone yang tepat sangat penting. Headset atau earbud dengan mikrofon sangat membantu karena kelas kemungkinan besar memerlukan partisipasi verbal. Karena headphone dapat membantu mengurangi kebisingan dari luar, headphone juga meningkatkan kemampuan siswa untuk mendengar dan memahami pelajaran.

3. Manfaatkan waktu istirahat untuk melakukan beberapa kegiatan di luar pelajaran

Di sekolah/kampus, kita akan mendengar bel kelas mulai atau berakhir, bel istirahat untuk dimanfaatkan pelajar untuk makan/jajan atau sebagai waktu jeda untuk menyegarkan pikiran. Saat belajar di rumah, pengingat ini mungkin tidak ada. Tetapi karena istirahat sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik, menyetel alarm menyerupai bel kelas dapat membuat jadwal dan membantu menciptakan keseimbangan kehidupan sekolah. Dengan demikian, Anda akan tetap terbiasa seperti mengikuti pembelajaran secara konvensional di sekolah.