Return to site

Strategi Manajemen Waktu Untuk Pembelajaran Yang Lebih Baik

· Belajar Online

Sebagian besar siswa memulai setiap semester baru sekolah dengan harapan yang tinggi. Mereka membayangkan diri mereka sukses dalam studi dan pekerjaan sekolah tetapi mereka gagal menyusun rencana yang realistis, atau menetapkan rutinitas, yang akan memungkinkan pelajar mencapai kesuksesan akademis. Hanya ada beberapa jam dalam sehari, hari dalam seminggu, dan minggu dalam satu semester. Jika Anda tidak memperhatikan, akhir semester akan tiba sebelum Anda menyadarinya. Untuk mencapai kesuksesan akademis, Anda harus mengatur waktu belajar dengan cermat setiap hari, setiap minggu, dan setiap semester. Berikut ini adalah strategi manajemen waktu untuk melakukan hal itu.

 

1. Siapkan Kalender semesteran

Di awal setiap semester baru, sebelum Anda terlibat dalam studi atau kegiatan lain, siapkan kalender yang mencakup seluruh semester. Kalender Anda dapat terlihat seperti kalender bulanan biasa, atau dapat menggunakan format yang berbeda. Format apa pun yang Anda pilih, kalender istilah Anda harus menguraikan hal berikut:

  • Tugas dengan tanggal jatuh temponya
  • Tes dengan tanggal mereka
  • Semua kegiatan sekolah
  • Semua kegiatan di luar sekolah dan ekstra kurikuler

 

2. Siapkan Jadwal Mingguan

Tidak seperti kalender semester Anda, yang direncanakan secara keseluruhan di awal setiap semester, jadwal mingguan disiapkan di awal pekan. Setiap hari Minggu duduklah dan persiapkan jadwal mingguan Anda. Meskipun akan mempersiapkan jadwal mingguan setiap hari Minggu, Anda harus memperbarui jadwal Anda seiring berjalannya minggu dan item baru muncul. Untuk mempersiapkan jadwal mingguan Anda, lakukan hal berikut:

  • Tuliskan di kalender Anda setiap kelas yang Anda ikuti setiap hari dalam seminggu
  • Lihatlah kalender semester Anda dan tuliskan pada kalender mingguan Anda item yang perlu diselesaikan, atau yang terjadi minggu itu (yaitu tugas, tes, acara, dll.)
  • Kembali dan tinjau semua catatan kelas dan jadwal dari minggu sebelumnya untuk melihat apakah ada sesuatu yang perlu Anda tambahkan ke jadwal minggu ini.
  • Tambahkan ke jadwal mingguan Anda setiap kegiatan di luar sekolah dan ekstrakurikuler yang akan Anda ikuti selama minggu mendatang.
  • Catat hari dan waktu untuk setiap tugas, sesi belajar, kelompok kerja, atau proyek yang akan Anda selesaikan selama seminggu. Ini mungkin dapat dilakukan di malam hari, sepulang sekolah, atau selama sekolah.

 

3. Siapkan Jadwal Harian

 

Anda berpikir kalender semester dan jadwal mingguan akan cukup untuk mengatur waktu Anda secara efektif, tetapi kenyataannya tidak. Anda juga perlu menyiapkan jadwal harian. Setiap malam, siapkan jadwal harian untuk hari sekolah berikutnya. Tempatkan tanda centang di sebelah setiap item yang harus diselesaikan tepat waktu. Untuk mempersiapkan jadwal harian Anda lakukan hal berikut:

  • Catat semuanya dari jadwal mingguan Anda yang perlu Anda lakukan untuk hari yang akan datang.
  • Tuliskan segala sesuatu dari jadwal harian Anda sebelumnya yang belum selesai dan harus diselesaikan pada hari berikutnya.
  • Periksa jadwal harian Anda untuk hari ini untuk melihat apakah ada kegiatan sekolah lain yang perlu Anda sertakan untuk hari berikutnya.
  • Sertakan aktivitas lain dari jadwal mingguan Anda yang perlu dimasukkan dalam jadwal hari berikutnya