Return to site

Platform Online Dapat Meningkatkan Penerimaan Pembelajaran Siswa

· Tips Belajar

Belajar banyak hal melalui media online adalah standar baru untuk belajar. Ini bukan hanya tentang menggunakan video untuk mencari sesuatu yang tidak penting, tetapi juga mempelajari keterampilan sulit pun dapat ditemukan dengan menggunakan media online. Faktanya, ada banyak pelajar yang berhasil mencapai ilmu yang lebih cepat dibandingkan teman-temannya karena ia belajar otodidak menggunakan media online. Tetapi bagaimana kita dapat memanfaatkan pembelajaran online dengan lebih baik? Apa cara paling efisien untuk mempelajari informasi sebanyak mungkin secepat yang Anda bisa?

1. Memori dan pembelajaran

Pertama kita perlu memahami bagaimana belajar. Orang mengandalkan memori dan skema saraf untuk mempelajari keterampilan baru. Setiap pembelajaran yang Anda lakukan bergantung pada kemampuan Anda untuk mengingat sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan informasi baru.

2. Memori jangka panjang dan memori jangka pendek

Kedua adalah, memori jangka pendek adalah memori untuk menyimpan ide atau konsep yang cepat dan tidak lengkap yang berfungsi sebagai petunjuk atau tautan ke pengetahuan lain. Informasinya cepat berlalu, bahkan hanya dapat berlangsung kurang dari satu jam. Ketika informasi melewati memori jangka pendek, Anda perlu mendedikasikan ingatan tersebut untuk dikonversi menjadi memori jangka panjang untuk penggunaan di masa depan. Pengulangan atau latihan mental adalah strategi umum untuk mengonversi memori tersebut, atau memberi informasi dan mengaitkannya dengan pengetahuan yang sudah Anda miliki. Semakin tinggi tingkat minat orang tersebut pada materi pelajaran, semakin besar kemungkinan mereka untuk menyimpan informasi tersebut. Informasi yang disimpan dalam memori jangka panjang Anda tidak mudah rusak atau hilang, dan memiliki kemampuan penyimpanan yang besar.

3. Psikologi kognitif tentang bagaimana orang belajar

Setiap pelajaran yang dipelajari akan tersimpan dalam otak sebagai memori. Agar orang dapat menyimpan informasi dalam ingatan jangka panjang mereka, mereka perlu menciptakan ingatan seputar hal yang Anda ingin mereka ingat. Secara umum, psikologi kognitif mengakui empat langkah utama yang dilalui kebanyakan orang untuk belajar:

1. Perhatian: filter yang melaluinya kita mengalami dunia

2. Pemrosesan: bagaimana kita memproses apa yang diterima perhatian kita ke dalam pikiran

3. Penyimpanan: apa yang terjadi setelah informasi memasuki otak

4. Retrieval: mengingat kembali informasi atau perilaku itu