Return to site

Personalisasi Pembelajaran Dengan Menjaga Hubungan Antara Guru & Pelajar

· Tips Belajar

Guru dapat menggunakan praktik pembelajaran yang dipersonalisasi untuk mendorong siswa berbagi. Membina lingkungan di mana siswa diberdayakan untuk menyuarakan kebutuhan dan keinginan mereka dapat membantu mewujudkan manfaat dalam mengikuti pendidikan. Ketika guru fokus pada hal-hal seperti kecepatan dan konten yang dipersonalisasi, siswa merasa lebih nyaman mengekspresikan kebutuhan dan minat mereka. Lingkungan belajar yang dipersonalisasi juga secara alami mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan mengambil risiko dengan pembelajaran mereka sambil memastikan bahwa mereka berada di tempat yang aman untuk membuat kesalahan.

Pembelajaran yang dipersonalisasi dapat dimungkinkan dengan menggunakan alat teknologi pendidikan yang tepat, seperti sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang tepat. Inilah cara guru memanfaatkan alat ini dengan taktik yang dapat membantu membangun hubungan berkualitas tinggi di kelas:

1. Sering mengajak pelajar berbicara satu per satu

Mengukir waktu satu lawan satu dengan siswa adalah bagian penting dari lingkungan pembelajaran campuran yang sukses. Ini memastikan bahwa siswa yang membutuhkan bantuan ekstra tahu bahwa mereka dapat memintanya di lingkungan pribadi yang aman. Kepercayaan antara guru dan siswa memastikan bahwa sesi ini terbuka dan jujur, guru juga dapat memberi dan menerima umpan balik dari siswanya.

Namun, sesi face to face ini tidak semuanya tentang pelajaran. Sesi ini berfungsi sebagai peluang besar bagi guru dan siswa untuk membangun hubungan pribadi, memungkinkan percakapan tentang minat dan kegiatan tanpa risiko menggagalkan pelajaran. Sesi ini dapat terjadi secara langsung atau virtual, dengan kedua opsi memiliki manfaat masing-masing.

2. Umpan Balik yang Bijaksana dan Tepat Waktu

Memastikan bahwa siswa mendapatkan umpan balik yang bijaksana yang dapat mereka terapkan dalam tugas yang akan datang membantu membangun lingkungan di mana siswa percaya bahwa guru mereka ingin mereka berhasil. Dengan menggunakan LMS, pengajar dapat mengunggah nilai segera setelah siap, sementara siswa dapat mengaksesnya di luar waktu kelas. Ini berarti bahwa siswa dapat menerapkan umpan balik mereka lebih cepat dan mengingatnya kembali saat dibutuhkan.

LMS membuat penandaan hal-hal seperti kuis hampir seketika, sementara kemampuan untuk menyelaraskan rubrik dengan tugas membuat penandaan untuk seluruh kelas sekaligus menjadi cepat dan mudah. Guru kemudian dapat masuk dan menambahkan lebih banyak komentar sehingga siswa tahu bagaimana mereka dapat meningkatkan.

3. Catatan Video

Catatan video adalah cara pribadi yang menarik di mana guru dapat berinteraksi dengan siswa mereka secara asinkron. Dengan catatan video yang dipersonalisasi, siswa dapat menerima umpan balik, dorongan, dan komentar dari guru mereka bahkan ketika waktu di kelas tidak memungkinkan. Catatan video ini, yang disimpan secara digital, dapat diakses kembali di masa mendatang untuk referensi yang mudah ketika tiba saatnya untuk menerapkan umpan balik.

Siswa juga dapat mengakses catatan ini secara pribadi, yang dapat mempermudah menerima umpan balik yang konstruktif. Mereka juga dapat membagikan umpan balik ini dengan orang tua atau wali mereka, yang pada gilirannya dapat memperoleh informasi dari sumbernya, bukan dari tangan kedua.

4. Sumber Daya Kurikulum Digital

Guru menghabiskan ratusan jam setiap tahun untuk hal-hal selain mengajar. Pada tahun 2016, Pengambilan Data Pasar merilis laporan yang menemukan bahwa guru AS menghabiskan sekitar 12,5 jam per minggu untuk membuat atau mencari sumber daya instruksional untuk kelas mereka. Membebaskan sebagian dari waktu tersebut dapat berdampak positif pada siswa dan kelas: guru yang memiliki lebih sedikit pekerjaan di luar kelas memiliki lebih banyak waktu untuk dicurahkan untuk membangun hubungan.

LMS dapat membantu dengan menawarkan sumber daya kurikulum digital asli kepada guru yang secara langsung selaras dengan standar kursus distrik mereka. Konten ini dibuat oleh para profesional—banyak di antaranya adalah guru itu sendiri—dan konten ini tetap menarik dan menyenangkan, artinya siswa memperoleh manfaat dari sumber daya kurikulum digital sementara guru dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan apa yang mereka sukai.