Return to site

Modernisasi Pendidikan Online & Offline

· Sistem LMS Indonesia

Garis yang memisahkan antara dunia digital dan dunia nyata di era modern seperti saat ini semakin kabur. Cara kita bekerja, belajar dan berinteraksi sekarang terjadi di berbagai platform dengan begitu mudahnya tanpa harus menghabiskan lebih banyak energi. Pendidikan adalah salah satu bidang yang juga terkena dampak dari transformasi ini. Pembelajaran hybrid, atau blended learning, telah menjadi metode pembelajaran terdepan yang mengikuti perkembangan teknologi. Di mana hybrid dan bllended learning adalah sebuah transformasi yang telah lama dibuat, sekarang dipercepat oleh pandemi global. Saat ini pertumbuhannya pun lebih dari sebelumnya, kita membutuhkan sistem dan solusi pendidikan yang berkelanjutan, memungkinkan kolaborasi dan komunikasi sebelum, selama, dan setelah kelas. Di Cisco, kami baru-baru ini menyurvei sekelompok pendidik di Komunitas Webex for Education untuk mempelajari praktik terbaik mereka untuk pembelajaran hybrid.

Bagaimana para pendidik membangun hybrid class?

1. Tetapkan target:

Tingkatkan ekspektasi yang jelas untuk keterlibatan, partisipasi, penilaian, dan peran. Apa artinya menjadi guru? Apa artinya menjadi mahasiswa? Dan seperti apa kesuksesan di kelas hybrid dapat dilaksanakan? Mengklarifikasi peran setiap fasilitator dan peserta di kelas merupakan hal yang sangat penting. Dengan menetapkan harapan, pendidik dapat mengatur siswa untuk sukses di kelas hybrid.

2. Memudahkan peserta untuk bertanya

Beri siswa ruang untuk mengajukan pertanyaan di lingkungan belajar baik pembelajaran sinkron dan asinkron. Memeriksa. Obrolan berjalan selama sesi kelas Anda? Obrolan empat mata atara pelajar dengan pengajar adalah hal penting dalam hybrid class untuk memastikan siswa selalu dapat menghubungi pengajar kapan pun dan di mana pun? Memeriksa. Fitur ruang kerja kelompok untuk membuat grup bagi siswa untuk mengadakan diskusi dan mengajukan pertanyaan dalam suasana yang lebih kecil.

3. Gunakan video untuk membantu membuat siswa merasa lebih nyaman

Bagi siswa yang tidak berada di ruang kelas fisik, ketika Anda sebagai pendidik mulai menayangkan video, itu akan membuat pengalaman belajar yang lebih menarik, memberikan isyarat visual kepada pelajar untuk mengikuti, dan memungkinkan siswa untuk merasa seperti mereka berada di dalam kelas dengan Anda. Pada akhirnya,, ketika siswa mulai melihat video materi yang Anda berikan, itu akan memungkinkan mereka untuk terlibat dengan seluruh kelas dan mengekspresikan reaksi mereka terhadap pelajaran.

4. Integrasikan alat kolaborasi seperti Webex dengan sistem manajemen pembelajaran (LMS) Anda untuk mempermudah menjadwalkan kelas online sinkron.

Dengan mengintegrasikan alat kolaborasi untuk pelajar dan pengajar dengan penggunaan LMS pengaturan dan penjadwalan kelas online atau hybrid menjadi lebih sederhana, lebih jelas, dan lebih mudah diikuti! Dengan mengklik tombol, siswa dapat menavigasi dari LMS ke kelas virtual Anda. Dengan menggunakan Webex Education Connector, Anda dapat membuat jam ketersediaan, jam kantor, dan waktu kelas menjadi jelas bagi siswa Anda di platform LMS seperti platform AKuBelajar.iD.

5. Rekam dan arsipkan sesi sinkron sehingga siswa yang tidak dapat hadir dapat mengaksesnya nanti.

Unggah materi apa pun yang dibagikan selama kelas sinkron ke ruang kolaborasi kursus, seperti ruang Webex Teams kelas Anda, dan ke dalam sistem LMS. Dengan car aini akan memduahkan untuk mengetahui dengan tepat di mana Anda menemukan sumber daya yang akan membuat pelajar tetap terlibat dan memungkinkan mereka untuk mengambil alih proses pendidikan mereka tanpa mengganggu seluruh kelas.