Return to site

Menumbuhkan Disiplin Dengan Blended Learning

· Tips Belajar

Mahasiswa yang kurang disiplin tidak selamanya dikarenakan dari karakter atau pribadi mereka. Tetapi, ada kalanya pelajar menjadi kurang disiplin dikarenakan faktor-faktor yang disebabkan oleh lingkungan kampus itu sendiri. Sebagai pengajar, Anda tidak bisa hanya menjadikan pribadi pelajar sebagai orang yang indispliner. Tetapi, cobalah untuk melihat lingkungan yang ada pada sekitar kampus dan bagaimana para pengajar memberikan metode pembelajaran kepada anak didik.

Di Indonesia, sering terjadi dosen tiba-tiba tidak datang ke kampus karena berbagai macam alasan, mungkin satu atau dua kali tidak dapat ke kelas menjadi hal yang lumrah, namun di beberapa kampus sering ditemukan dosen juga kurang disiplin. Hal ini sebenarnya dapat menjadi salah satu penyebab mengapa pelajar menjadi kurang disiplin. Mohon maaf, pengajar yang telah memberikan contoh kepada anak didik seperti ini akan membawa efek pada mahasiswa yang awalnya rajin juga menjadi kurang disiplin.

Blended learning dapat menjadi salah satu metode untuk Anda jadikan langkah positif untuk menghindari indisipliner dari para pelajar dan pengajar. Seorang guru dapat mengubah jam pelajar dengan memanfaatkan Video-Learning melalui sistem LMS. Atau, pengajar mengedepankan pemberian materi melalui file lainnya yang membuat pelajar tetap menerima materi yang seharusnya didapat di kelas. Sehingga, ketika pengajar sedang berhalangan ke kampus, pelajar tetap mendapatkan materi yang selanjutnya pengajar dapat memberikan penjelasan ketika sudah ke kelas.

Blended learning dapat meningkatkan disiplin pelajar dengan memberikan metode pembelajaran yang variatif agar mereka tidak jenuh dengan apa yang didapat selama proses belajar. Karena, ketika pelajar merasa jenuh dengan apa yang didapat dikampus, hal ini mendorong pelajar untuk bolos atau malas. Dengan metode pembelajaran variatif dengan blended learning ini pula dapat membawa pelajar untuk lebih suka berinteraksi daripada belajar sendiri-sendiri.

Namun, peran belended learning hanya sebagai alat untuk membantu. Eksekusi dan keberhasilan dalam meningkatkan disiplin melalui belended learning bergantung pada metode pembelajaran yang diterapkan di masing-masing kampus. Selama Anda mampu memaksimalkan pembelajaran dengan e-Learning dan penggunaan LMS dengan tepat, maka Anda akan menemukan formula yang tepat untuk diterapkan di kampus agar pelajar dan pengajar dapat lebih disiplin.

Ilustrasi (c) Unsplash.com