Return to site

Menemukan Bakat Pelajar Melalui Sistem LMS

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Sistem LMS tidak hanya dapat memberikan hasil yang baik dalam proses belajar dan mengajar. Tetapi, dengan menggunakan sistem ini, Anda dapat menemukan bakat yang dimiliki oleh pelajar tersebut. Kami tidak berbicara tentang bakat alami yang dimiliki oleh pelajar tersebut, tetapi ini lebih ke arah bakat yang didapat dari hasil proses belajar. Karena memang ada saatnya bakat tidak bisa tumbuh dengan sendirinya dan perlu ditempa melalui arahan pembelajaran yang tepat.

Bakat pelajar bukan hanya tentang prestasi, ini lebih dari sebatas prestasi. Prestasi merupakan hasil yang didapat dari usaha pelajar. Meskipun pelajar tersebut tidak memiliki prestasi yang baik sebut saja di luar ranking 1 – 10, bukan berarti pelajar tersebut tidak memiliki bakat apa pun. Dari penjelasan singkat ini, Anda tentu sudah dapat membedakan mana bakat dan prestasi. Yang mana keduanya ini dapat Anda temukan dan dilihat melalui manajemen data pembelajaran yang baik.

Sistem LMS merupakan alat untuk manajemen data yang akan membantu Anda sebagai pengajar dalam menemukan bakat dari seorang pelajar. Cara yang paling mudah untuk menemukan adalah melalui proses pembelajaran individual maupun kelompok. Dari proses tersebut Anda akan menemukan perbedaan sikap dari pelajar dalam menerima materi dibandingkan dengan saat menerima pelajaran/materi secara bersama di dalam kelas.

Contoh, ketika bekerja kelompok, pelajar yang dianggap tidak memiliki bapak leadership akan terlihat ketika ia membawa kelompoknya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Begitu pula saat individual, pelajar yang tidak suka matermatika tetapi ia memiliki bakat logika yang baik dan cocok jika diarahkan untuk mengambil jurusan lain seperti programming. Hal seperti ini dapat Anda temukan melalui sistem manajemen data.

Mengapa demikian? Sistem LMS dapat menyimpan semua data pelajar dan proses perkembangannya dalam satu sistem. Anda bisa membuat manajemen data dengan cara tradisional, tetapi apakah Anda dapat menganalisa data tersebut dengan cepat? Ini yang harus menjadi pertimbangan Anda. Dalam setiap proses pembelajaran, Anda perlu mengenali bakat dan minat pelajar. Karena ini dapat mempengaruhi kenyamanan pelajar dalam mengikuti setiap proses belajar.

Ilustrasi (c) Unsplash.com