Return to site

Menata Pembelajaran Dengan Implementasi LMS

 

· Sistem LMS Indonesia

Saat ini, sebagian besar lembaga pendidikan seperti kampus dan sekolah menengah sudah mulai mempertimbangkan untuk menerapkan sistem manajemen pembelajaran (Learning Management System). Model pembelajaran modern kini tengah berkembang untuk mendorong kinerja para pengajar dalam memberikan setiap materi pendidikan yang lebih mudah untuk diterima oleh pelajar, terlebih lagi bagi para Millennial. Adanya keterlibatan antara siswa/mahasiswa dengan pengajar dalam proses belajar sangat perlu dilakukan agar pelajar millennial dapat merasa nyaman. Paduan antara teknologi dengan metode konvensional menjadi metode pembelajaran yang sangat perlu dilakukan oleh semua lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan pendidikan yang kini juga sudah modern. Berikut adalah beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh pengajar untuk menarik minat para pelajar.

1. Mengadopsi sistem LMS

Jika di tempat Anda mengajar saat ini masih belum ada sistem LMS, upayakan agar dosen/kepala sekolah untuk segera menerapkan teknologi ini di kampus/sekolah. Menggunakan sistem pelajaran online yang kuat akan mendukung keterlibatan siswa/mahasiswa dalam menerima setiap materi pendidikan.

2. Blended learning

LMS dapat mendukung pendekatan pendidikan dengan cara gabungan antara sistem pembelajaran online dengan konvensional. Ketika program di kelas sudah selesai, siswa/mahasiswa dapat mempelajari kembali materi yang diberikan oleh pengajar melalui sistem online. Dengan bantuan sistem LMS, pengajar juga dapat dengan mudah untuk memantau setiap hasil pembelajaran yang diikuti oleh para pelajar. Sehingga, untuk melakukan personalisasi pemberian materi jauh lebih akurat.

3. Gamifikasi

Metode pembelajaran yang juga dapat menarik minat para pelajar millennial adalah dengan menggabungkannya dengan metode pendidikan berupa game. Beberapa LMS juga dilengkapi dengan fitur gamifikasi ini. Elemen-elemen permainan yang dilakukan haruslah yang dapat mendorong peserta didik untuk lebih interaktif satu sama lain.

4. Pembelajaan sosial

Ini adalah salah satu metode pembelajaran yang paling penting yang dapat dilakukan oleh para pengajar. Tujuannya adalah untuk semakin meningkatkan keterlibatan pelajar satu sama lain. Pembelajaran sosial ini dapat berupa forum-forum online, forum offline, himpunan pelajar dan lain sebagainya yang dapat meningkatkan komunikasi pelajar.

Itulah beberapa model pembelajaran yang bisa Anda terapkan dengan menggunakan sistem LMS. Tunggu apalagi, silakan hubungi kami sekarang juga dan mulailah sistem pembelajaran modern untuk sekolah/kampus Anda!