Return to site

Membuat Kuis Dalam e-Learning Untuk Meningkatkan Engagement Pelajar

· Blended Learning

Siap untuk memberikan metode pembelajaran e-Learning dengan kuis? Ingin mendapatkan hasil yang maksimal untuk pelajar seperti dalam meningkatkan keterlibatan para pelajar dan juga peningkatan pemahaman para pelajar? Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Tetapkan kualitas pertanyaan

Cara terbaik dalam membuat kuis untuk e-Learning yang efektif adalah dengan menetapkan bobot pertanyaan pada kuis tersebut. Pertanyaan yang berkualitas membantu para pengajar dalam menilai kemajuan para pelajar dengan lebih akurat. Dari kuis ini pula pengajar akan mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran dan keberhasilan pelatihan yang diberikan kepada para pelajar. Untuk membuat pertanyaan yang berkualitas, Anda harus memperhatikan beberapa aspek berikut ini.

  • Berbagai metode pertanyaan
  • Ilustrasi pada pertanyaan
  • Pertimbangan sebelum memberikan pertanyaan
  • Cara menilai

Dari beberapa poin di atas, Anda akan mendapatkan nilai yang variatif yang dapat Anda jadikan tolok ukur untuk memahami keterlibatan pelajar dan pantauan terhadap pemahaman pelajar.

2. Kuis yang dapat diterima oleh pelajar

Tidak semua kuis dapat diterima oleh pelajar. Maka dari itu, sebelum Anda memulainya lakukan survei untuk menemukan dan mencocokkan antara kuis dengan kesesuaiannya dengan pelanggan. Sebagian besar pengajar hanya memberikan metode pembelajaran melalui kuis berdasarkan dari penilaian mereka sendiri. Namun, tanpa mereka ketahui, apa yang diberikan tersebut tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pelajar. Hasilnya sudah jelas, pelajar menjadi tidak lagi antusias dengan metode pembelajaran atau kuis yang diterapkan.

3. Kustomisasi umpan balik dari setiap kuis yang diberikan

Setelah Anda memberikan metode pembelajaran berupa kuis kepada pelajar, dirokemendasikan untuk meminta masukan dan umpan balik dari pelajar. Mengapa demikian? Dari setiap kuis yang diterima oleh pelajar, metode seperti apa yang menurut mereka efektif untuk meningkatkan pemahaman. Jika Anda tidak melakukan ini, maka Anda tidak akan memiliki data yang jelas agar dapat memenuhi poin kedua yang kami sebutkan. Untuk memaksimalkan data yang Anda miliki, kami sarankan untuk menyimpannya pada sistem pembelajaran yang terpusat seperti pada sistem LMS. Dari sini, Anda akan mendapatkan banyak tools untuk menganalisa data. Artinya, Anda akan menjadi lebih mudah dalam memantau perkembangan pelajar.

Ilustrasi (c) Unpslash.com