Return to site

Manfaat Memberikan Badges Kepada Pelajar

ยท Sistem LMS Indonesia,Blended Learning

Dalam metode pembelajaran gamifikasi, Anda sebagai pengajar dapat memberikan badges yang bisa didapat oleh masing-masing pelajar dengan menyelesaikan misi tertentu selama mengikuti pelajaran. Hal ini memberikan efek yang sangat positif untuk menambah rasa percaya diri dari para pelajaran untuk mengikuti proses belajar. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapat jika Anda memberikan badges kepada pelajar dengan metode pembelajaran yang mengadopsi game.

1. Meningkatkan motivasi

Pelajar akan merasa termotivasi dengan hadirnya badges ini. Karena, secara tidak langsung mereka akan berburu untuk mendapatkan badges yang diberikan dengan meningkatkan porsi belajarnya. Bahkan, dari yang awalnya merasa malas untuk belajar, dengan kehadiran badges ini dapat mendorong keinginannya untuk belajar maupun mengikuti pelajaran di kelas maupun e-Learning.

2. Dampak positif terhadap perilaku pelajar

Banyak pelajar yang akan lebih bersikap lebih baik ketika Anda mendambahkan badges pada metode pembelajaran Anda. Umumnya, badges ini diberikan dengan memilih pelajar yang dapat memberikan perilaku yang baik di kelas atau saat berkumpul dengan temannya-temannya di kampus.

3. Pelajar lebih fokus

Motivasi yang timbul dari adanya badges yang diberikan oleh pengajar akan menambah fokus mereka dalam belajar. Peran dari metode ini sangat vital untuk menambah fokus pelajar, mengingat pemberian badges hanya bisa dilakukan dengan pencapaian yang dicapai oleh pelajar itu sendiri dan tanpa harus mengejar kompetisi.

4. Pemberian feedback lebih mudah

Dengan adanya badges pada masing-masing pelajar, Anda akan lebih mudah untuk memberikan masukan kepada masing-masing pelajar tersebut. Mengingat badges yang diberikan berdasarkan apa yang mereka capai, Anda sebagai pengajar akan lebih mudah untuk memantau aktivitas mereka selama mengikuti pelajaran.

5. Mengubah mindset mengikuti pelajaran adalah kegiatan membosankan

Mengikuti pelajaran memang akan menjadi hal yang membosankan. Namun, dengan adanya sistem/metode pembelajaran dengan badges ini pelajar akan lebih merasa lebih baik karena ada tujuan pribadi yang harus mereka capai. Meskipun pemberian badges ini bukan untuk tujuan persaingan dengan teman sekelasnya, namun mereka akan terpacu untuk berkompetisi dan memotivasi dirinya sendiri untuk mencapai hal tersebut. Fokus akan pencapaian akan membuat mereka melupakan rasa bosan dalam mengikuti pelajaran dan mengubahnya menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com