Return to site

Kemampuan LMS Yang Menggantikan Sistem Terdahulu

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Sistem manajemen pembelajaran (LMS) menawarkan banyak sekali solusi bagi lembaga pendidikan untuk memberikan proses pembelajaran yang lebih baik untuk para pelajar. LMS dapat menjadi salah satu pusat teknologi dalam dunia pendidikan terutam untuk pendidikan dengan metode online (e-Learning) maupun untuk pembelajaran tradisional yang kemudian dikenal dengan blended learning. Sebelum kehadiran LMS, pengajar menggunakan tools lain seperti bulletin boar communication, content-learning management system dan alat lain seperti website yang dibuat untuk penggunaan secara umum.

 

Dari semua tools yang kami sebutkan memiliki kualitas dan solusi yang berbeda-beda (variatif). Namun, metode ini menjadi tidak lagi efektif untuk mendukung efektivitas dalam menjalankan proses pembelajaran. Selain masalah banyaknya biaya yang dikeluarkan, kesulitan dalam memproses data juga menjadi salah satu komponen yang membuat tools-tools tersebut tidak lagi digunakan. Kombinasi dari berbagai macam tools pada sistem LMS dapat menggantikan semuanya dan membuat produktivitas dan efektivitas dalam memberikan materi kepada pelajat menjadi lebih efisien. Selain itu, lembaga yang menggunakan sistem LMS menjadi lebih hemat dalam pengadaan teknologi atau sistem untuk menunjang pembelajaran di kampus/sekolah.

 

Sistem pembelajaran menjadi lebih integral dengan penggunaan sistem LMS ini baik untuk blended learning maupun dengan metode pembelajaran e-Learning 100%. LMS menjadi sistem dalam dunia pendidikan yang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat karena keandalan yang ditawarkan. Banyak sistem yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan lembaga akan suatu sistem mulai dari pengembangan secara mandiri, penggunaan sistem melalui open source hingga penggunaan sistem dengan bantuan pihak ketiga penyedia sistem LMS yang terpercaya.

 

Pertumbuhan teknologi penyimpanan data pada sistem LMS pun juga ikut memberikan peran besar untuk menghemat pengeluaran lembaga. Salah satunya adalah dengan metode penyimpanan tradisional (VPS/Dedicated Server non-cloud) dan juga sistem yang dibuat dan diaplikasikan dengan penyimpanan melalui cloud. Keduanya memang memiliki kelebihan masing-masing, namun dari segi keandalan, sistem LMS berbasis cloud merupakan sistem yang memberikan keamanan data yang lebih baik dibandingkan dengan penyimpanan data sistem melalui media penyimpanan tradisional.

Ilustrasi (c) Unsplash.com