Return to site

Etika Dalam Menggunakan Stock Foto Pada Sistem

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Penggunaan stock foto pada sistem e-Learning yang dikhususkan untuk kepentingan pembelajaran adalah hal yang diperbolehkan. Tetapi, sebelum Anda menggunakan stock foto, Anda juga harus mengingat bahwa pada setiap foto yang Anda gunakan merupakan stock foto yang sudah mendapatkan lisensi. Setiap stock foto yang dimunculkan oleh Google melalui pencarian, gambar-gambar tersebut bukanlah gratis yang siap Anda gunakan. Anda harus mengerti bahwa stock foto memiliki lisensi berbeda-beda. Yang mana, ada etika dari masing-masing penggunaan stock foto tersebut.

1. Menggunakan stock foto berbayar

Ketika Anda menggunakan stock foto berbayar, bukan berarti itu adalah hak Anda sepenuhnya. Apabila Anda membeli stock foto untuk kepentingan publikasi satu kali, maka etikanya Anda tetap harus menggunakan stock foto tersebut untuk satu publikasi pada materi pembelajaran yang Anda berikan pada pelajar. Anda juga perlu mencari tahu, apakah foto tersebut harus mencantumkan sumber sekalipun berbayar atau tidak. Jika mengharuskan Anda menyebutkan fotografer dan layanan tempat membeli, maka Anda tetap harus menyematkan informasi tersebut.

2. Menggunakan stock foto premium secara gratis

Sebagian penyedia stock foto berbayar memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menggunakan fotonya secara gratis. Namun, penyedia menyematkan watermark pada gambar tersebut. Jika hal yang terjadi demikian, maka Anda harus tetap menyematkan watermark tersebut tanpa melakukan pemotongan untuk menghilangkan watermark pada gambar. Ini merupakan risiko dari penggunaan stock foto premium secara gratis.

3. Menggunakan stock foto yang sepenuhnya gratis

Creative common, public domain photo merupakan stock foto yang diberikan secara gratis yang dapat digunakan untuk berbagai macam kepentingan publikasi. Untuk foto jenis ini, sebagian tetap mengharuskan pengguna menyematkan pemilik foto/layanan dan sebagian lagi boleh tidak menyematkan pemilik foto/creator/layanan. Jika Anda menggunakan layanan ini, pastikan dulu jenis lisensi yang diberikan.

Itulah etika dalam menggunakan stock foto sebagai visualisasi dalam materi LMS yang Anda gunakan. Kredit yang Anda berikan kepada pemilik gambar merupakan kewajiban yang harus dilakukan selama tidak ada izin untuk menghilangkan kredit tersebut.

Ilustrasi (c) Unsplash.com