Return to site

e-Learning Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Unik & Fleksibel

· e-Learning Indonesia

Belajar online adalah cara yang fantastis untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam lingkungan yang unik dan fleksibel dengan kekuatan dan peluangnya sendiri yang berbeda. Baik Anda mencoba kelas online untuk pertama kalinya atau mencari cara untuk memperkuat kebiasaan dan pendekatan Anda saat ini, ada beberapa area utama yang perlu dipertimbangkan untuk menyiapkan diri Anda untuk sukses dan memanfaatkan semua pembelajaran online yang ditawarkan.

Dalam kumpulan tips pembelajaran online dan praktik terbaik dari tim desainer pembelajaran, pakar industri, dan sesama pelajar, kami berbagi strategi untuk membantu Anda berhasil dalam perjalanan belajar Anda. Dalam lanskap pembelajaran modern, ada banyak sekali konten tentang topik untuk ditonton, dibaca, dan didengarkan, tetapi melihat dan mengetahui berbeda dengan melakukan. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pembelajaran online, pastikan Anda mengembangkan pengetahuan dan keterampilan baru dengan cara yang dapat Anda pertahankan, terapkan berulang kali dan sesuaikan dengan konteks baru.

1. Jadikan pembelajaran Anda sebagai metode tetap

Manfaatkan prinsip-prinsip sains pembelajaran yang sudah mapan tentang praktik, aplikasi, dan refleksi. Untuk memastikan pengetahuan dan keterampilan yang baru Anda pelajari melekat pada Anda, penting untuk melatih keterampilan berulang kali, menerapkan pengetahuan dalam konteks yang berbeda, dan merenungkan apa yang telah Anda pelajari, terutama saat Anda berlatih dan menerapkannya di lingkungan baru. Pengalaman belajar yang dirancang dengan baik akan memberi Anda kesempatan untuk berlatih, menerapkan, dan berefleksi, tetapi Anda juga dapat memperkuat pembelajaran Anda di luar kelas dengan menghubungkannya dengan kehidupan dan pekerjaan sehari-hari Anda.

2. Strategi video

Untuk video yang direkam, jeda dan tulis ringkasan singkat dari apa yang Anda dengar dalam catatan setiap beberapa menit. Untuk video yang ditayangkan secara langsung, terutama jika video tersedia untuk ditonton nanti, hindari membuat catatan. Perhatikan apa yang Anda dengar dan berpartisipasi dalam diskusi untuk membantu Anda tetap fokus.

3. Manfaatkan video break-out groups

 Jika dibutuhkan, diskusi kelompok kecil langsung ini akan memberi Anda kesempatan untuk mendengar perspektif lain atau meninjau materi yang menantang sebagai sebuah kelompok.

4. Advokasi untuk kebutuhan belajar Anda

Mintalah cara yang fleksibel untuk berpartisipasi di kelas yang sesuai untuk Anda. Ini penting bagi pelajar yang membutuhkan akomodasi khusus, seperti pencatat atau waktu ujian yang diperpanjang, tetapi juga penting bagi semua pelajar.

5. Pertahankan kebiasaan sehat

Otak Anda, seperti tubuh Anda, membutuhkan istirahat dan olahraga. Tidur, tetap terhidrasi, pergi ke luar, makan dengan baik. Jadi, jangan pernah melupakan kesehatan Anda.