Return to site

Cakupan Teknologi Dalam Mendukung Pendidikan

· Teknologi Pendidikan

Jenis Integrasi Teknologi Dengan Pendidikan & Pembelajaran

Kadang-kadang sulit untuk menggambarkan bagaimana teknologi dapat memengaruhi pembelajaran karena istilah "integrasi teknologi" adalah istilah luas yang mencakup begitu banyak alat dan praktik yang bervariasi. Ada banyak cara teknologi dapat menjadi bagian integral dari proses pembelajaran. Hanya beberapa dari cara ini yang tercantum di bawah ini, tetapi alat dan ide teknologi baru muncul setiap hari sebagai penyempurna.

1. Pembelajaran Online dan Blended Learning

Sementara pembelajaran online K-12 mendapatkan daya tarik di seluruh dunia, banyak guru juga mengeksplorasi blended learning atau kombinasi antara pendidikan online dan tatap muka. Dengan metode ini, pembelajaran menjadi lebih maksimal dengan membagikan materi secara berbeda antara materi yang sifatnya teknis dan non-teknis.

2. Kegiatan Berbasis Proyek Yang Menggabungkan Teknologi

Banyak proyek yang paling ketat diresapi dengan teknologi dari awal hingga akhir. Artinya, pelajar dapat mengaplikasikan materi yang mereka dapatkan dengan menggabungkannya melalui teknologi agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Game

Ada banyak manfaat yang akan didapat dengan menggabungkan simulasi dan kegiatan pembelajaran berbasis permainan ke dalam pembelajaran di kelas. Integrasi teknologi berupa video maupun teks untuk mengedukasi pelajar dengan memberikan informasi dalam bentuk permainan. Metode ini cenderung lebih mudah untuk diterima oleh pelajar dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional.

4. Belajar dengan Perangkat Seluler

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, pembelajaran dengan menggunakan smartphone merupakan salah satu gangguan. Namun, dalam mendukung pembelajaran yang efektif, perangkat seperti ponsel, pemutar mp3 dan komputer tablet sekarang digunakan sebagai alat pembelajaran di sekolah yang berpikiran maju. Karena dengan mengintegrasikan antara materi, pendidikan dan kesukaan pelajar dengan perangkat seluler ini membuat mereka menjadi lebih betah untuk belajar. Hanya saja, kontrol keluarga terkadang membuat pembelajaran ini menjadi kurang efektif. Maka dari itu, penggunaan sistem berbasis LMS menjadi salah satu media penting untuk menjalankan pendidikan berbasis seluler dan menjadikan pelajar lebih fokus untuk mendapatkan materi dari para pengajar.