Return to site

Apakah e-Learning Lebih Baik Daripada Pendidikan Tradisional?

Apakah ada yang lebih baik atau sama saja?

· e-Learning Indonesia

Metode pendidikan modern tentunya memiliki berbagai macam kelebihan dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional. Tetapi, bukan berarti metode pendidikan e-Learning ini sangat sempurna dan tidak memiliki kekurangan sama sekali. Metode pengajaran dengan berbasis teknologi ini tetap memiliki kekurangan sama halnya dengan metode pembelajaran tradisional sebagai mana mestinya.

 

Meskipun saat ini kita disuguhkan banyak kemudahan dengan teknologi, bukan berarti semua yang tradisional harus ditinggalkan. Anda salah jika beranggapan demikian. Karena, sejatinya metode pendidikan itu sama. Yang membedakan tentunya adalah dari masing-masing pelajar itu sendiri. Anda yang saat ini masih menjadi seorang pelajar, tentunya harus tetap seimbang dalam mengikuti pelajaran. Baik itu secara online dengan e-Learning maupun dengan cara tradisional.

 

Belajar dengan metode offline/tradisional

Bagaimana pun mengikuti pelajaran di kelas seperti biasa itu sangat diperlukan oleh seorang pelajar. Karena, dengan cara inilah seorang pelajar mampu mengenali guru dengan baik dan mampu bertanggung jawab atas aktivitas pembelajaran di sekolah maupun kampus. Satu kelebihan yang tidak bisa digantikan adalah, dengan metode pendidikan tradisional ini, Anda sebagai pelajar dapat berkomunikasi langsung dengan guru atau pengajar yang secara tidak langsung akan membantu meningkatkan kemampuan komunikasi Anda ketika nanti terjun ke lapangan saat bekerja.

 

Belajar dengan metode online/e-learning

Metode pelajaran online ini merupakan pelengkap bagi seorang siswa atau pelajar ketika ia tidak mampu mengikuti pelajaran dengan baik sebagaimana mestinya. Dengan pembelajaran online, tentunya para pelajar dapat dengan mudah untuk mengulang-ulang materi pelajaran yang disimpan pada sistem. Atau, ketika ada ujian berlangsung, tetapi berhalangan datang ke sekolah/kampus, pelajar masih tetap bisa mengikuti ujian dengan mengandalkan sistem pembelajaran online ini.

 

Kesimpulan

e-Learning bukanlah media untuk menggantikan peran kelas online. Setiap siswa memiliki pola dan kebiasaan yang berbeda-beda. Sulit atau mudah, metode pembelajaran offline adalah yang paling baik untuk membangun karakter seorang pelajar. Sedangkan e-Learning adalah media untuk membantu memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam menerima dan memberikan materi pelajaran agar setiap siswa memiliki kemampuan yang sama dan dapat disesuaikan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com