Return to site

Apa Itu Microlearning?

Mengenal definisi dari microlearning

· e-Learning Indonesia

Definisi Microlearning

Microlearning adalah metode pembelajaran yang dilakukan oleh para pengajar dengan cara yang lebih singkat. Jika diartikan secara sederhana, microlearning adalah metode pembelajaran untuk jangka pendek.

Sebenarnya, tidak ada definisi baku untuk microlearning ini. Hanya saja, banyak yang sepakat bahwa microlearning ini adalah metode pembelajaran yang singkat. Jika kami contohkan, metode pembelajaran ini dapat berupa seminar. Jika Anda mengikuti seminar, tentu tidak akan berjalan dalam waktu yang panjang. Lumrahnya hanya akan dijalani dalam beberapa hari.

Microlearning juga perlu dilakukan oleh pihak sekolah/kampus untuk mendukung metode pembelajaran yang tidak hanya dilakukan begitu-begitu saja. Dengan metode pembelajaran mikro ini, Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan para pelajar dengan berbagai macam bentuk muali dari teks, multimedia dan lain sebagainya yang dapat diikuti secara singkat.

Berikut adalah beberapa contoh konten pembelajaran mikro yang dapat Anda pilih.

1. Teks: Untuk teks ini, Anda dapat mengambil frase atau paragraf pendek yang mudah dipahami oleh para pelajar.

2. Gambar: Gambar ini dapat berupa foto yang diambil secara nyata dan juga dapat berupa ilustrasi.

3. Video: Anda dapat membuat video pendek sebagai bagian dari pembelajaran

4. Audio: Rekaman suara dari pengajar untuk para pelajar

5. Tes dan kuis

6. Game dalam proses belajar mengajar.

Penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak semua metode pembelajaran mikro dapat dilakukan dengan menggunakan semua metode di atas. Anda perlu membuat konten yang harus disesuaikan dengan kebutuhan atau aplikasi pembelajaran yang Anda miliki. Contoh, Anda menggunakan Learning Management System (LMS), Anda perlu menanyakan pada provider apakah mereka mendukung semua metode tersebut.

Banyak sistem yang hanya mendukung teks untuk menjalankan proses pembelajaran micro ini. Anda harus melakukan seleksi dengan baik agar tidak salah dalam menggunakan sistem. Brightspace merupakan sistem LMS yang dapat mendukung semua metode pembelajaran mikro dalam satu aplikasi. Anda dapat menjalankan semua metode. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di hi@brightspaceindonesia.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com