Return to site

Alat e-Learning Yang Dibutuhkan Oleh Guru (Pengajar)

· Sistem LMS Indonesia

Bahkan sebelum pandemi, guru sudah memiliki pekerjaan yang berat dengan beban kerja yang luar biasa. Tetapi sekarang setelah sekolah-sekolah di seluruh Indonesia ditutup, para guru dihadapkan pada kenyataan yang baru, mengajar siswa dari jarak jauh dari rumah. Memang beberapa sekolah sudah mulai menjalankan pendidikan secara langsung atau tatap muka. Tapi masih belum seluruhnya.

Bagi mereka yang berada di luar pendidikan, mungkin tampak seperti bekerja dari rumah akan lebih seperti liburan, tetapi guru saat ini dihadapkan dengan tantangan untuk terhubung dengan siswa dengan cara yang baru. Beradaptasi dengan aplikasi dan mode penyampaian konten yang benar-benar baru kepada siswa yang mungkin atau mungkin tidak memiliki teknologi di rumah untuk mengaksesnya. Meskipun ada kekhawatiran dan masalah yang tidak ada habisnya yang dapat kita diskusikan, mari kita fokus pada kiat praktik terbaik untuk guru yang mengajar dari rumah dengan cepat. Berikut adalah beberapa alat E-Learning untuk guru

1. Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS)

Sebagai guru, Anda mungkin memiliki kendali atas LMS mana yang digunakan untuk terhubung dengan siswa. Namun, semua platform LMS seperti Google Classroom, Brightspace, Canvas, atau Blackboard dapat membantu Anda memposting informasi dan tugas. Yang terpenting, LMS Anda bertindak sebagai "rumah" kelas online resmi Anda. Pertama, pastikan untuk meninjau pedoman untuk menggunakan LMS dan mengikuti pelatihan apa pun yang tersedia untuk lebih mengenal program tersebut.

2. Platform aplikasi pembelajaran mandiri

Sekarang di sinilah belajar online benar-benar menjadi baik! Sementara LMS bertindak sebagai ruang kelas virtual Anda, platform pembelajaran mandiri dapat membantu Anda dalam pelajaran sehari-hari dan juga unruk penilaian. Banyak dari program yang menawarkan kemampuan kepada guru untuk menetapkan konten yang sesuai dengan standar tertentu, dan melihat data instan. Dengan begitu banyak data di ujung jari mereka, pengajar dapat dengan cepat menawarkan umpan balik, rencana perbaikan, atau pembelajaran yang dipersonalisasi. Brightspace merupakan sistem LMS yang juga mendukung platform pembelajaran mandiri dalam satu software yang akan memudahkan Anda dalam membuat konten dan personalisasi materi.

3. Alat untuk kelas berbasis video

Anda mungkin pernah mengalami beberapa departemen atau rapat fakultas dengan kolega Anda menggunakan aplikasi konferensi video seperti Zoom, atau yang serupa. Jika Anda sudah bermain-main dengan menggunakannya untuk siswa Anda sendiri, Anda mungkin merasa kesulitan, karena ini membutuhkan persiapan baik dari segi perangkat, ruangan maupun materi yang harus disiapkan