Return to site

Akan Ujian? Ini Tips Untuk Pelajar

· e-Learning Indonesia

Menjadi seorang pelajar tentu akan memiliki perasaan yang campur aduk, kegembiraan, sedih atau bahkan ada perasaan takut. Tetapi dengan keterampilan belajar yang tepat, Anda dapat memasuki tahun pelajaran kali ini dengan percaya diri. Cobalah untuk mempraktikkan beberapa kiat-kiat mengerjakan ujian sederhana ini untuk meningkatkan nilai sekolah Anda.

1.Mengubah pengalaman menjadi sebuah cerita

Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan nilai ujian adalah dengan mengubah pengalaman dengan mengubah cerita. Siswa yang mengikuti tes dengan sikap dan kecemasan yang tinggi cenderung mengerjakan tugas dengan nilai yang lebih jelek daripada mereka yang mengikuti ujian dengan penuh semangat. Itulah mengapa, Anda perlu mengubah pengalaman Anda menjadi sebuah cerita. Jika di masa lalu Anda gagal, hari ini Anda harus bisa lebih baik. Ceritakan pada diri sendiri cerita yang berbeda. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda bersemangat. Pilih untuk bersemangat menaklukkan ujian di depan Anda, dan Anda akan menemukan bahwa Anda benar-benar akan menaklukkannya.

2. Gunakan selembar kertas buram setiap ada kesempatan

Kertas buram pada dasarnya adalah cara mudah untuk membuat pikiran-pikiran yang berputar-putar di kepala Anda menjadi visual dan konkret. Terlalu sering siswa mencoba untuk menjawab pertanyaan tes tanpa pernah menuliskan pemikiran mereka di atas kertas. Mereka melakukannya dengan abstrak, konsep mengambang yang tidak benar-benar terhubung. Jika Anda pernah menemukan pertanyaan tes yang Anda tidak yakin bagaimana menjawabnya dengan segera (yang, bagi semua pelajar, hampir setiap tes), selalu mulai dengan apa yang Anda ketahui. Dapatkan hal-hal di luar sana melalui selembar kertas yang Anda bawa. Setelah ide-ide terkait keluar dari kepala Anda, Anda biasanya dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk menemukan jawaban yang benar.

3. Menghubungkan semuanya

Anda dapat menghitung ini sebagai lima tip atau tiga tip. Itu tidak terlalu penting bagi kami. Yang benar-benar penting adalah Anda tahu salah satu tips mengerjakan tes/ujian yang sangat penting adalah Anda harus menghubungkan semuanya. Sebagian besar waktu siswa mengalami masalah mengerjakan ujian karena mereka telah mempelajari banyak informasi, tetapi mereka belum menghubungkan dengan apa yang harus mereka kerjakan.

Memori Anda bekerja dengan koneksi. Jangan melakukan hubungan pendek dengan menghafal banyak informasi dalam potongan-potongan yang terisolasi. Jika Anda tahu bagaimana setiap ide yang Anda pelajari terhubung ke setiap ide lain, Anda mungkin akan menemukan menjawab pertanyaan ujian menjadi jauh lebih mudah.

4. Gagal di rumah, bukan di kelas

Anda mungkin akan melewatkan beberapa pertanyaan ujian. Jika Anda belum cukup menanyai diri sendiri, Anda akan melewatkan pertanyaan mudah pada ujian Anda. Jika Anda telah mempersiapkan diri dengan menanyai banyak hal, Anda mungkin akan menyelesaikan sebagian besar tes dengan sangat mudah.