Return to site

5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Saat Mulai Menjalankan e-Learning

Memahami bagian penting sebelum mulai menerapkan e-Learning

· e-Learning Indonesia

e-Learning memiliki banyak model pembelajaran. Yang perlu Anda perhatikan adalah dengan membuatnya agar lebih efektif untuk dilakukan. Agar dapat menghasilkan pembelajaran melalui sistem e-Learning yang efektif, tentunya membutuhkan waktu, usaha dan perencanaan yang baik. Berikut adalah beberapa tips untuk menjalankan program e-Learning untuk lembaga pendidikan yang Anda kelola.

1. Memahami pelajar

Anda harus memperhatikan seperti apa pelajar di kampus Anda. Apakah mereka lebih suka dengan metode pembelajaran tradisional atau modern. Jika mereka menyukai metode pembelajaran tradisional, bagaimana cara Anda mengubah cara mereka dalam menerima sistem pembelajaran. E-Learning memang memudahkan pelajar, tetapi tidak menutup kemungkinan ada sebagian dari mereka yang keberatan. Memahami karakter pelajar menjadi awal yang baik untuk memastikan perjalanan e-Learning berjalan dengan baik.

2. Komunikasi yang tepat

Untuk menyadari betapa pentingnya pembelajaran e-Learning, Anda harus memilih metode komunikasi yang tepat. Metode komunikasi ini sangat penting untuk lakukan. Karena melalui cara ini Anda melakukan pendekatan kepada para pelajar. Komunikasi ini pula yang akan memudahkan pelajar untuk menerima setiap materi pembelajaran.

3. Jangan berlebihan

Setiap hal yang berlebihan akan selalu berakhir dengan hal yang kurang baik. Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Anda mungkin akan tergoda untuk memberikan materi sebanyak mungkin melalui metode pembelajaran ini. Tetapi, Anda harus memperhatikan kemampuan semua pelajar yang ada. Jangan sampai penyampaian materi yang Anda berikan tidak sesuai dengan kemampuan para pelajar dalam memahami materi tersebut.

4. Interaksi untuk melibatkan peserta didik

Selalu bertanya kepada pelajar mengenai pemahaman mereka terkait materi yang diberikan. Anda juga perlu bertanya mengenai konten materi yang menurut mereka paling sesuai untuk digunakan. Dengan berinteraksi yang intensif dengan para pelajar ini Anda akan menemukan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter mereka.

5. Memantau hasil

Penting bagi Anda untuk selalu memantau hasil pembelajaran. Meminta feedback dari para pelajar adalah hal yang patut Anda lakukan. Dengan mendapatkan umpan balik dari pelajar, Anda dapat memaksimalkan metode pembelajaran untuk mereka. Sehingga, ketika mereka lulus, mereka menjadi seorang pelajar yang sudah menguasai apa yang harus Anda kerjakan untuk perusahaan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com