Return to site

5 Hal Utama Dalam eLearning Yang Harus Diterapkan Pelajar

· Indonesia

Pembelajaran online mungkin sesuatu yang sudah Anda ketahui baru-baru ini, namun masih banyak yang merasa enggan untuk menjalankan pendidikan dengan metode ini dengan alasan kurang efektif. Pada artikel ini kami akan memberikan beberapa poin penting yang akan membantu Anda dalam pembelajaran online, misalnya: keterampilan manajemen waktu, disiplin diri, kemauan keras, dan motivasi yang kuat.

1. Memahami praktik dan harapan pembelajaran online

Belajar online tidak lebih mudah dari kursus normal di universitas. Anda perlu menjadwalkan waktu yang cukup, fokus pada kursus dan mencoba untuk tetap berkonsentrasi.

2. Pastikan koneksi internet Anda berfungsi dengan baik dan pastikan untuk menyimpan dokumen Anda

Setiap orang memiliki teman atau kenal seseorang yang lupa menyimpan dokumen mereka dan berakhir dalam situasi stres, jadi pastikan hal ini tidak pernah terjadi pada Anda. Simpan dokumen Anda di cloud, atau di hard drive untuk menjaga agar tidak kehilangan dokumen penting yang Anda miliki. Koneksi internet juga sangat penting, jadi pastikan Anda memiliki koneksi yang kuat, karena jika tidak, Anda mungkin tidak dapat mengikuti pelajaran atau dalam skenario terburuk tidak dapat memberikan presentasi pembelajaran Anda.

3. Ciptakan lingkungan kerja yang baik untuk diri Anda sendiri

Anda harus menemukan tempat di rumah Anda di mana Anda dapat bekerja kapan saja, harus tenang, teratur dan di mana Anda dapat menghindari gangguan, jadi mungkin ide yang baik untuk mematikan ponsel Anda juga. Selain itu, Anda juga dapat memberi tahu teman sekamar Anda, atau anggota keluarga saat Anda sedang belajar, sehingga mereka dapat mendukung dan meminimalkan gangguan dari pihak mereka.

4. Identifikasi tujuan kelas Anda

Jika Anda terbiasa dengan pembelajaran tatap muka, maka Anda mungkin ingat awal semester di mana semua orang berada di kelas dan pengajar membahas isi matero, tujuan dan jadwal waktu kuliah atau seminar. Dengan pembelajaran online, bahkan lebih penting bagi Anda untuk mengidentifikasi tujuan dan sasaran pembelajaran Anda sendiri, untuk memastikan Anda tetap di jalur dan membuat diri Anda bertanggung jawab. Mungkin ada baiknya untuk membuat catatan dan meninjaunya saat Anda melanjutkan kursus online Anda.

5. Jangan takut untuk meminta bantuan saat Anda membutuhkannya

Sangat mudah bingung ketika pembelajaran dilakukan seorang diri dan terkadang membutuhkan bantuan. Baik itu dengan memahami teknologi, mengingat tenggat waktu atau tugas, atau sekadar merasa terbebani oleh tekanan belajar selama pandemi, jangan takut untuk berhenti dan meminta bantuan. Untuk itulah pengajar Anda ada di sana, dan rekan-rekan Anda memahami secara langsung kesulitan yang mungkin juga Anda rasakan, jadi kirimkan email, telepon, atau tulis pesan teks saat Anda membutuhkan bantuan.