Return to site

4 Hal Yang Mendukung Kesiapan Pembelajaran Online

· e-Learning Indonesia

Dua keuntungan utama dari pembelajaran online adalah fleksibilitas dan kenyamanan. Tetapi pembelajaran online jauh lebih menantang dari yang terlihat. Apakah Anda mempertimbangkan untuk mengambil beberapa atau semua pembelajaran secara online? Keputusan ini sangat penting untuk Anda ambil.

Tetapi, sebelum Anda memulainya, pastikan Anda selalu siap dan positif untuk sukses. Pembelajaran online yang dijalankan dengan tepat akan sangat bagus bagi siswa untuk memulai visi dan misi pembelajaran yang lebih realitis. Yang harus Anda ketahui pula, kursus online membutuhkan waktu dan energi yang sama, sama halnya seperti pendidikan kelas tradisional. Ini juga membutuhkan keterampilan komputer dan strategi pembelajaran khusus agar berhasil.

Untuk mengetahui apakah Anda siap, lihat berapa keterampilan berikut yang harus Anda miliki untuk memulai pembelajaran online:

1. Ketekunan

Ketekunan merupakan kunci sukses terbesar dalam pembelajaran online. Siswa yang berhasil adalah mereka yang mau mentolerir masalah teknis, mencari bantuan saat membutuhkan, belajar dan mengikuti pembelajaran setiap hari di setiap kelas, dan selalu memiliki kesiapan untuk melewati segala tantangan.

2. Keterampilan manajemen waktu yang efektif

Anda harus bisa mengatur waktu dengan baik. Sebagian besar materi tidak diajarkan secara real time atau bahkan tidak ada waktu yang ditentukan untuk mengikuti pendidikan. Fleksibilitas ini adalah salah satu manfaat besar pembelajaran online. Ini juga bisa menjadi kelemahan bagi siswa yang menunda-nunda, tidak dapat mengikuti jadwal belajar rutin, atau tidak dapat menyelesaikan tugas tanpa pengingat harian dari pengajar.

3. Keterampilan komunikasi yang efektif dan tepat

Keterampilan komunikasi sangat penting dalam pembelajaran online karena siswa harus mencari bantuan ketika mereka membutuhkannya. Pengajar harus bersedia membantu siswa, tetapi mereka tidak dapat menangkap isyarat non-verbal dari pelajar, seperti ekspresi kebingungan di wajah pelajar ketika mengalami kesulitan.

4. Keterampilan teknis dasar

Pelajar online membutuhkan keterampilan teknis dasar untuk berhasil. Ini termasuk kemampuan untuk membuat dokumen baru, menggunakan program pengolah kata, navigasi internet, mengunduh perangkat lunak, memasang software dan sebagainya. Sebagian besar sekolah online memiliki program orientasi siswa baru. Ini mengajari siswa cara menggunakan sistem pengelolaan pembelajaran sekolah dan alat online lainnya, tetapi biasanya tidak mencakup dasar-dasarnya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com