Return to site

3 Teknik Sederhana untuk Membantu Siswa Anda Belajar Lebih Efektif

· Tips Belajar

Prestasi siswa dan mandat akuntabilitas melalui pengujian telah menyebabkan para pendidik menganalisis strategi pembelajaran untuk lebih mendukung para sarjana muda. Meneliti dan menerapkan strategi yang paling sukses bagi siswa akan memungkinkan untuk mengembangkan mereka menjadi alumnus yang produktif. Guru harus menganalisis model pembelajaran dan sistem penyampaian mereka untuk membantu meningkatkan dan mendorong prestasi siswa. Guru dan siswa telah mempelajari dan mengembangkan cara untuk membantu siswa belajar lebih cepat. Ini termasuk melatih otak dan memaksa pembelajaran terjadi dalam berbagai cara, membuat pilihan kelas yang lebih baik, meningkatkan organisasi & manajemen waktu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk meningaktkan kualitas pelajar dan pembelajaran.

1. Latih ulang memori anda & pelajar

Ada berbagai metode, trik, dan alat peningkatan yang tersedia untuk meningkatkan memori kerja, atau dikenal sebagai pelatihan otak. Melibatkan semua bagian otak selama proses pembelajaran adalah kuncinya, dan mengajarkan teknik kepada pelajar untuk membantu mereka meningkatkan memori kerja mereka akan meningkatkan prestasi dan kepercayaan diri. Mengidentifikasi bagaimana seorang anak belajar paling baik dengan memeriksa preferensi kecerdasan atau gaya belajar mereka merupakan kunci penting bagi keberhasilan siswa.

Preferensi gaya belajar meliputi modalitas visual, auditori, kinestetik, atau membaca dan menulis. Dengan menyelaraskan kurikulum dengan preferensi ini dan berbagai penyampaian instruksional, pendidik akan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan yang akan menjangkau dan melibatkan lebih banyak siswa. Selain itu, siswa yang memahami preferensi gaya belajar mereka akan merasa lebih nyaman dalam pembelajaran mereka sendiri dan akan lebih mungkin untuk lebih bertanggung jawab dan berhasil di kelas.

2. Pilihan yang lebih baik sama dengan peningkatan keberhasilan

Pelajar muda juga perlu membuat pilihan yang lebih baik tentang pembelajaran mereka baik di sekolah maupun di rumah. Pilihan sekolah yang lebih baik mungkin termasuk duduk di depan kelas dan menghilangkan gangguan yang dapat menghambat pembelajaran. Ponsel dan komputer dapat mengalihkan perhatian dari proses belajar pada beberapa siswa juga. Teknik konsentrasi dan mempraktikkan strategi tersebut dapat mengarah pada peningkatan kesuksesan.

Mendorong siswa untuk mencoba membuat hubungan dunia nyata dengan apa yang diajarkan di kelas juga sangat penting. Siswa juga harus mempertimbangkan untuk menetapkan tujuan untuk membantu menentukan dan mengukur kemajuan mereka secara lebih spesifik.

3. Kelola & atur

Menjadikan pelajar lebih terorganisir adalah bagian penting dari pembelajaran yang sukses. Menjaga ruang belajar agar tidak berantakan, serta ruang pribadi seperti loker sekolah, meja belajar baik di rumah maupun di sekolah, dan kamar tidur telah ditunjukkan oleh peneliti dapat meningkatkan prestasi siswa. Mengembangkan rencana belajar dan menjaga jadwal untuk kegiatan belajar dan rekreasi dapat membantu dalam hal ini juga. Menambahkan jeda pada jadwal dengan insentif bawaan dapat meningkatkan motivasi dan membuat siswa tetap mengerjakan tugas.

Ilustrasi (c) Unsplash.com