Return to site

3 Hal Untuk Mendukung Keberhasilan Kelas Online Siswa

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Dua keuntungan utama dari pembelajaran online adalah fleksibilitas dan kenyamanan. Tetapi pembelajaran online jauh lebih menantang daripada yang terlihat. Apakah Anda mempertimbangkan untuk mengambil beberapa atau semua kelas Anda secara online? Tapi sebelum melakukan hal tersebut, pastikan Anda siap untuk sukses dalam mengikuti semua pembelajaran online. Pembelajaran online bisa terdengar begitu mudah sehingga beberapa siswa memulai dengan visi yang tidak realistis. Pada kenyataannya, kelas online membutuhkan waktu dan energi yang sama banyak , seperti kelas tradisional. Ini juga membutuhkan keterampilan dan strategi pembelajaran agar berhasil. Untuk melihat apakah Anda siap, lihat berapa banyak hal yang harus Anda lakukan berikut ini:

1. Kegigihan

Ketekunan mungkin merupakan kunci terbesar untuk sukses dalam pembelajaran online. Siswa yang berhasil adalah mereka yang mau mentolerir masalah teknis, mencari bantuan saat dibutuhkan, bekerja setiap hari di setiap kelas, dan bertahan melalui tantangan. Saat Anda menghadapi tantangan, teruslah berusaha dan mintalah bantuan. Buat jadwal belajar yang dapat diatur untuk diri sendiri dan patuhi. Siswa yang berhasil adalah mereka yang mengikuti pendidikan dan membuat kemajuan setiap hari. Ini sangat penting setelah kebaruan pergi ke sekolah online mulai hilang!

2. Keterampilan Manajemen Waktu yang Efektif

Anda harus bisa mengatur waktu dengan baik. Sebagian besar kursus tidak diajarkan secara real time. Tidak ada waktu yang ditentukan untuk kelas. Fleksibilitas ini adalah salah satu manfaat besar dari pembelajaran online. Hal ini juga dapat menjadi kelemahan bagi seorang siswa yang suka menunda-nunda, tidak dapat mengikuti jadwal belajar yang rutin, atau tidak dapat menyelesaikan tugas tanpa adanya pengingat harian dari guru. Keterampilan manajemen waktu yang efektif tidak terjadi begitu saja. Mereka harus dipelajari. Setelah Anda melakukannya, mereka akan menguntungkan Anda sepanjang hidup Anda.

3. Keterampilan Komunikasi yang Efektif dan Tepat

Keterampilan komunikasi sangat penting dalam pembelajaran online karena siswa harus mencari bantuan ketika mereka membutuhkannya. Guru bersedia membantu siswa, tetapi mereka tidak dapat menangkap isyarat non-verbal, seperti ekspresi kebingungan di wajah siswa. Ikuti tips ini:

4. Gunakan alat yang disediakan oleh sekolah untuk berkomunikasi dengan guru Anda.

Banyak sekolah dan program online menyediakan beberapa cara bagi siswa dan/atau orang tua untuk berkomunikasi dengan guru dan staf. Ini mungkin termasuk email, grup diskusi, jam kantor ruang obrolan, telepon seluler, dan bahkan pesan teks. Guru dan staf ingin membantu Anda berhasil di kelas dan akan menjawab pertanyaan Anda.

5. Gunakan gaya dan bahasa yang sesuai untuk sekolah.
Saat berkomunikasi dengan guru dan staf lain, Anda harus menulis kalimat yang lengkap dan benar secara tata bahasa dan dengan nada hormat. Banyak siswa yang terbiasa dengan gaya penulisan yang sangat informal di ruang obrolan, blog, pesan teks, dan sebagainya.