Return to site

Video Animasi Sebagai Bahan Pengajaran Dalam E-Learning

Video animasi untuk menarik minat pelajar dalam mengikuti materi pelajaran

· e-Learning Indonesia

Ada banyak metode belajar kreatif yang dapat dijadikan bahan untuk menyampaikan materi pelajaran kepada para siswa/mahasiswa. Salah satu contoh, untuk meningkatkan gairah pelajaran Bahasa Inggris untuk siswa, guru dapat menjadikan metode pembelajaran berupa kuis kepada siswanya yang berkaitan dengan tenses dan formulanya. Atau untuk membuat puisi, guru Bahasa Indonesia & Sastra, dapat mengajak siswanya untuk belajar diluar kelas dan melihat lingkungan sekitar untuk dijadikan puisi.

Ini merupakan metode pembelajaran kreatif yang bisa saja dilakukan oleh para pengajar agar anak didiknya tidak stress karena menerima materi pembelajaran yang begitu-begitu saja. Begitu pula saat sekolah/kampus menjalankan sistem pembelajaran modern melalui e-Learning. Pengajara dapat memberikan metode pembelajaran berupa audio dan video dalam materi pembelajaran yang harus diikuti oleh anak didiknya.

Penggunaan video pun tidak harus melulu berupa rekaman dari pengajar. Sesekali, pengajar dapat memberikan metode penyampaian dalam video yang berbentuk animasi. Kita tahu, penggunaan animasi dalam video jauh lebih efektif untuk menarik minat seseorang dalam menonton dan mendengarkan. Coba perhaatikan cara Anda dalam menerima video iklan (misalnya) penggunaan artis dan animasi, mana yang menurut Anda lebih menarik untuk dilihat?

Video animasi ini memiliki seni yang dapat menarik minat pelajar ketika menerima materi pembelajaran e-Learning. Dengan disertai narasi yang tidak terlalu kaku seperti pada saat memberikan materi secara langsung, pelajar tentu akan lebih mudah dalam mengingat penyampaian materi tersebut. Dalam video tutorial pun, penggunaan animasi ini perlu dilakukan untuk menambah daya ingat dari para pelajar.

Contoh, simaklah video dari D2L International berikut ini:

Pada video tersebut ketika video berjalan mulai dari detik ke-26, kami menambahkan video animasi di dalamnya. Dengan video animasi tersebut, tentu Anda sebagai calon pengguna akan lebih mudah dalam memahami bagaimana cara menggunakan Brightspace Pulse. Ini merupakan nilai lebih yang ditawarkan oleh video animasi untuk memberikan kesan kepada pelajar saat menyimak video berbasis materi tersebut.

Apakah Anda setuju jika memberikan materi pendidikan yang kreatif seperti contoh video di atas akan  memberikan efek yang lebih baik bagi para pelajar untuk menerima materi dengan baik?

Ilustrasi (c) Unsplash.com