Return to site

Universitas Menghadapi Tantangan Pasca COVID-19

· e-Learning Indonesia,COVID-19

Awal Juni lalu, seharusnya mahasiswa baru di seluruh Indonesia mengikuti kelas universitas pertama mereka. Namun, sebelum mereka mulai masuk, mereka diperintahkan untuk belajar online untuk mematuhi persyaratan jarak sosial yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Meskipun hal ini penting untuk melindungi kesehatan dan keselamatan komunitas dalam menanggapi COVID-19, banyak siswa yang kehilangan keterlibatan dan kolaborasi secara langsung dengan pengajar maupun dengan sesama pelajar.

Ketika institusi pendidikan tinggi Indonesia terus menyesuaikan model pembelajran online untuk mengelola pembatasan terkait virus corona, kekhawatiran muncul kembali pada kesehatan mental dan kesejahteraan siswa selama isolasi sosial jangka panjang. Dalam beberapa tahun terakhir, sektor pendidikan tinggidi luar negeri lebih memahami pentingnya dukungan kesehatan mental. Pada tahun 2016 misalnya, perwakilan dari 25 universitas Australia bertemu untuk mengembangkan Jaringan Kesehatan Universitas Australia. Inisiatif ini bertujuan untuk melihat peningkatan kesehatan dan kesejahteraan bagi mahasiswa dan staf di seluruh negeri, khususnya pada topik kesehatan mental.

Meskipun tujuan universitas adalah untuk mendapatkan kualifikasi dan pengalaman terkait pekerjaan yang relevan, pendidikan tinggi juga merupakan platform untuk bertemu orang baru yang berpikiran sama dan mengembangkan hubungan jangka panjang yang bermakna. Pendidikan tinggi bisa menjadi awal yang baru bagi generasi muda. Banyak siswa bahkan mengandalkan kesempatan tersebut agar dapat melupakan kondisi yang pernah terjadi setelah atau saat sekolah menengah

Namun, menyadari dampak teknologi modern dalam mengurangi hambatan sosial yang ditimbulkan oleh virus, beberapa universitas telah menerapkan program baru sebagai bagian dari inisiatif bentuk tanggapan mereka untuk memaksimalkan pembelajaran selama masa pandemi. Dikarenakan wabah virus corona, pemerintah membuat berbagai macam program pelatihan untuk siswa selama proses isolasi di rumah, yang diselenggarakan melalui teknologi konferensi video. Siswa tidak hanya mendapatkan manfaat dari proses pembelajaran, tetapi mereka juga tetap berkesempatan membangun komunitas.

Di Amerika Serikat misalnya, mereka menyediakan alternatif yang dipimpin oleh rekan untuk konseling tradisional. Kelompok tersebut menjalankan diskusi virtual dengan selurug anggotanya tentang kecemasan, kesepian dan perasaan stres terkait COVID-19, membantu siswa-siswa tersebut melalui masa-masa yang tidak biasa ini.

Meskipun konferensi video grup online mempercepat keterlibatan sosial dan menawarkan strategi untuk mengelola stres, universitas harus melihat secara lebih luas mengingat skala di mana peserta didik dapat terkena dampak COVID-19. Bagaimanapun, siswa terlibat dengan universitas dan rekan mereka di berbagai titik kontak, baik itu pertemuan Zoom, aplikasi, atau melalui metode komunikasi lainnya.

Dr Lexine Stapinski dari Matilda Centre Universitas Sydney merekomendasikan untuk terlibat secara aktif, bukan menghindar, mengatasi selama COVID-19. Ini berarti menilai seluruh situasi yang kita hadapi dan bekerja dengannya yang kemudian dikenal dengan New Normal. Teknologi seharusnya digunakan untuk memanusiakan pembelajaran dan pada akhirnya membuat interaksi digital sama inklusifnya dengan interaksi fisik. Untuk mencapai hal ini, institusi pendidikan perlu melihat perjalanan siswa yang lebih luas dalam membangun program yang memanfaatkan teknologi di luar konferensi video dasar.

Sementara universitas terus beroperasi di bawah tingkat ketidakpastian, beralih ke pandangan yang lebih luas tentang pengalaman belajar akan memberi pendidik wawasan untuk membantu menjaga kesejahteraan siswa, terutama pendatang baru, karena mereka belajar dari jarak jauh untuk waktu yang lama dan masih belum ada kepastian.

Ilustrasi (c) Unsplash.com