Return to site

Tips Untuk Membuat Pengalaman Pendidikan Online Yang Efektif

· e-Learning Indonesia

Ratusan kampus dan universitas secara serentak dengan banyak institusi lain di seluruh Indonesia, telah memindahkan semua kelas dari kelas tradisional ke format pembelajaran online (e-Learning) sebagai tanggapan terhadap wabah virus Corona, yang disebut COVID-19. Bagi banyak siswa di Indonesia, ini adalah proses penyesuaian besar, lembaga pendidikan perlu mengumpulkan daftar praktik terbaik untuk membantu pengajar dan pelajar dalam memanfaatkan pembelajaran jarak jauh. Di sini, kami akan memberikan beberapa tips bagi Anda yang saat ini masih mengikuti kelas School From Home (SFH).

1. Kenali metode apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan kelas dengan baik

Sistem LMS Brightspace Indonesia, Zoom, Skype dan software-software lainnya ini semua merupakan alat yang berguna untuk pembelajaran online, tetapi mana yang pantas untuk digunakan di lembaga Anda? Penting untuk lembaga memberikan panduan praktis untuk pembelajaran online, penggunaan sistem LMS dan memiliki staf yang tersedia untuk Anda melalui email untuk membantu beralih ke pembelajaran online.

2. Kembangkan jadwal (dan patuhi jadwal tersebut)

Anda mungkin akan mudah tergoda untuk tidur dan menganggap sekolah online sebagai semacam liburan. Tetapi Anda harus tetap disiplin dalam mengikuti jadwal pembelajaran, bahkan meskipun Anda tidak harus menghadiri kelas secara fisik setiap hari. Sangat penting bagi Anda untuk tetap membawa Anda fokus pada materi. Anda juga dapat mengembangkan jadwal belajar secara individu di luar waktu sekolah menggunakan alat online gratis.

3. Siapkan ruang untuk fokus belajar

Anda dapat memanfaatkan semua ruang kosong yang ada di rumah atau memanfaatkan kamar. Namun yang terpenting adalah, Anda harus tetap menjadikan ruang pembelajaran jarak jauh yang Anda tentukan tersebut dapat membantu Anda tetap mengikuti pendidikan sesuai jadwal dan harus bisa memisahkan kehidupan kampus dan pribadi yang mungkin Anda lewatkan saat Anda belajar di luar kampus.

4. Tetap aktif saat mengkuti pendidikan

Salah satu cara untuk menghindari malas dan tidak semangat untuk mengikuti pelaajaran adalah dengan tetap aktif, bahkan saat Anda berada di luar kampus. Jika Anda merasa ngantuk saat mengikuti pelajaran, berdirilah dan lakukan peregangan atau dengan sedikit jalan untuk mengambil sesuatu.

5. Tetap menjaga komunikasi

Metode pembelajaran online adalah penyesuaian untuksemua pelajar maupun bagi pengajar. Akan tetapi, satu yang tidak boleh berubah adalah komunikasi. Jika Anda merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri atau ketika ada materi yang tidak dapat diterima dengan baik, komunikasikan dengan staf pengajar atau teman Anda melalui media chat/telepon. Ini akan membantu Anda menyelesaikan semua masalah yang Anda hadapi. Menjelang liburan, luangkan waktu untuk membiasakan diri Anda dengan alat dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memanfaatkan pengalaman pembelajaran jarak jauh online Anda sebaik-baiknya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com